Bab 9″ IMAN”


Iman telah selalu menjadi dari tanda untuk murid-murid Yesus. Murid-murid Yesus yang pertama dikenal sebagai orang-orang ber- iman. Yesus berkata : © …. Segala sesuatu mungkin bagi dia yang percayaª (Mrk 9:23).”

Iman berarti ketergantungan yang total pada Allah. Ketika Adam berbuat dosa ia me- langkah keluar dari ketergantungan pada Allah pada ketidak-tergantungan pada Allah (artinya tidak percaya). Inilah sebabnya Allah telah meletakkan prioritas yang tinggi atas iman. Iman adalah jalan dimana kita bisa kem- bali pada persekutuan dengan Allah. (tergan- tung pada Allah).”

Ketergantungan pada Allah ini disebut i- man. Iman dapat mengerjakan di dalam anda melampaui lima panca indera anda yaitu pe- ngelihatan, pendengaran, rasa, pembauan dan perabaan.”

Iman melepaskan anda dari kemampuan- kemampuan anda yang terbatas. Dengan i- man juga anda bergerak dari tidak mampu masuk ke dalam kemampuanNya.”

Ini adalah jalan iman dimana kita semua dipanggil dimana dikatakan ©Tak satupun yang mustahilª (Mat 17:20).”

A. APAKAH IMAN ITU?”

Iman adalah tindakan ketaatan sebagai ja- waban terhadap apa yang Allah katakan. I- man yang benar dinyatakan dalam”

  1. Ketaatan,”
  2. Tindakan sebagai jawaban,”
  3. Mendengar Firman Allah (suara).”

©Sekarang iman adalah meyakini apa yang kami harapkan dan merasa pasti akan sesuatu yang tidak kami lihatª (Ibr 11:1).

Iman berarti mempercayai, kepastian atau keyakinan pada seorang yang lain atau pada perkataan-perkataan orang tersebut. Beri- man di dalam Allah berarti tak lagi percaya pada diri sendiri tetapi percaya pada Allah. Kita tidak lagi berharap pada diri kita sendiri tapi mengharapkan Allah. Kita meninggalkan ketergantungan pada sumber ilmu pengeta- huan kami yang terbatas dan mulai menerima sumberNya yang tidak terbatas.”

B. DUA MACAM PENGETAHUAN”

©Baik perkataanKu maupun pemberitaan- Ku tidak Kusampaikan dengan kata-kata hik- mat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, supaya iman kamu jangan bergantung pada HIKMAT MANUSIA, tetapi pada kekuatan Allah.”

©Sungguhpun demikian kami memberita- kan hikmat dikalangan mereka yang telah ma- tang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan diti- adakan.”

©Tetapi yang kami beritakan ialah HIK- MAT ALLAH YANG TERSEMBUNYI dan rahasia yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kitaª (1 Kor 2:7). Lihat juga ayat-ayat 8-16″

1. Pengetahuan Indera”

Semua pengetahuan yang datang dari ma- nusia datang padanya melalui lima inderanya – pengelihatan, pendengaran, alat perasa, pembauan dan alat peraba. Indera pengeta- huan ini adalah ilmu pengetahuan yang sangat terbatas yang digambarkan sebagai ©hikmat manusiaª.”

2. Pengetahuan Pewahyuan”

Pengetahuan ini tidak didasarkan pada li- ma indera atau atas alat-alat alami, tetapi atas suatu sumber yang lain – KEBENARAN dari Firman Allah. Kebenaran ini diterima mele- wati roh seseorang dan digambarkan sebagai ©Hikmat Allahª – ©Kami hidup oleh iman bu- kan oleh penglihatanª (2 Kor 5:7).”

C. DASAR DARI IMAN”

Dasar untuk memiliki iman dalam Allah dibagi dalam tiga realita yang penting :”

1. Sifat Allah”

©Sebab ketika Allah memberikan janjiNya pada Abraham, Ia bersumpah demi DiriNya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi dari DiriNyaª (Ibr 6:13).”

a. Dia tak dapat berubah. ©Aku adalah Tuhan yang tidak berubah …ª (Mal 3:6). Lihat juga Yakobus 1:17.”

b. Dia tidak mungkin gagal. ©Aku tahu bahwa engkau sanggup melakukan segala se- suatu, dan tidak ada rencanaMu yang gagalª (Ayb 42:2). Lihat juga 1 Tawarikh 28:20″

c. Dia tidak dapat berdusta. ©Allah bu- kanlah manusia, sehingga Ia berdusta, bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia ber-Firman dan tidak melakukanNya atau berbicara dan tidak menepatinya?ª (Bil 23:19). Lihat juga Titus 1:2.”

2. Pekerjaan Penebusan Dari Anak Allah”

©Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju pada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu pada kesempurnaan, yang dengan mengabaik- an kehinaan tekun memikul salib ganti sukaci- ta yang disediakan bagi Dia, yang sekarang du- duk di sebelah kanan tahta Allahª (Ibr 12:2).”

Kristus telah menjadi sumber dari iman ki- ta dalam Allah. Fakta kematianNya dan ke- bangkitanNya memberi tempat berpijak bagi iman kita.”

© … Kristus Yesus …..yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kitaª (1 Kor 1:30). Lihat juga Roma 5:1-2.”

3. Firman Allah”

©Langit dan bumi akan berlalu tetapi perka- taanKu tidak akan berlaluª (Mat 24:35). Lihat juga Yesaya 40:8.”

©Lalu Firman Tuhan kepadaku : ‘ …….Aku siap sedia untuk melaksanakan FirmanKU’ª (Yer 1:12)”

FirmanNya berdiri teguh selamanya. Iman datang ketika Allah memberikan FirmanNya yang tertentu, keluar dari semua yang pernah dikatakanNya – langsung pada kita dalam kea- daan sedemikian Firman Allah itu datang de- ngan hidup pada kita dan melepaskan iman kita.”

D. BAGAIMANA IMAN ITU BEKERJA”

Dasar dari iman (Rm 3:27) adalah untuk secara terus menerus mengerjakan kehidup- an kita bagaimanapun keadaan kita (lihat 2 Kor 5:7, Yak 1:5-6). Iman bekerja dengan cara sedemikian :”

1. Allah Yang Memberi Kita Iman”

©Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iaman dan yang me- mimpin kepada iman seperti ada tertulis : o- rang benar akan hidup oleh iman (imanNya)ª (Bandingkan Rm 1:17 dan Hab 2:4 terjemah- an NIV).”

Orang benar akan hidup oleh imanNya berarti iman yang Dia berikan bagi kita seba- gai suatu pemberian.”

©Sebab karena kasih karunia kamu disela- matkan oleh iman; itu (iman) bukan hasil usa- hamu, tetapi pemberian Allah ….ª (Ef 2:8,9). ©….. sesuai seperti bagaimana Allah mengaru- niai iman kepada setiap orangª (Rm 12:3)”

2.”Iman Datang Dari Mendengar Firman Tuhan”

Pertama-tama, Allah mendorong kita de- ngan menyampaikan ©Firmanª yang sesuai dengan keadaan di sekeliling kita.”

Ini datang ketika anda membaca Alkitab atau ketika mendengarkan suara Roh Kudus di dalam roh anda.”

©… Jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristusª (Rm 10:17). Lihat juga Kejadian 15: 3-5; 17: 15- 21 ; Yosua 1:8.”

3. Ketaatan Pada Firman”

Agar iman bekerja pada situasi kita, kita harus mentaati Firman Tuhan. Iman itu AK- TIF bukan pasif. Kebanyakan janji-janji Allah mempunyai syarat – Ia akan melakukan apa yang menjadi bagianNya, apabila kita mela- kukan apa yang menjadi bagian kita.”

©Demikan juga halnya dengan iman, jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah matiª (Yak 2:17). Lihat juga pasal 1:22-25; Kejadian 15:6; Ma- tius 7:24-27.”

4. Saat Ujian, Atau ©Ujian Bagi Iman Kitaª”

Ini adalah masa dari ujian. Semua yang terjadi di sekeliling kita tampaknya berlawan- an dengan apa yang Tuhan telah katakan. Dan tampaknya tidak ada kejadian-kejadian yang seperti kita imani. Pada saat ini iman kita be- nar-benar tergantung seluruhnya pada Fir- man Tuhan (apa yang telah dikatakan-Nya kepada kita).”

©Bergembiralah akan hal itu, sekalipun se- karang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.”

©Maksud semuanya itu ialah untuk mem- buktikan kemurnian imanmu – yang jauh lebih tinggi nilainya daripada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api, sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyata- kan diriNyaª (1 Ptr 1:6,7). Lihat juga Roma 4:16-21; Mazmur 105 : 17-19.”

Di dalam iman kita membuang diri kita di atas KESETIAANNYA. Pada saat saat kita penuh dengan pencobaan dan kebimbangan, Allah adalah setia dan tidak akan meninggal- kan kita.”

©Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diriNyaª (2 Tim 2:13).”

Dia setia pada Tomas dan Petrus pada sa- at iman mereka diuji. Yesus tidak meninggal- kan mereka. ©Dia sekali-kali tidak akan mem- biarkan engkau dan Dia sekali-kali tidak akan meninggalkan engkauª (Ibr 13:5).”

5. Hasil Dari Iman”

Hasil akhir dari iman adalah selalu keme- nangan pada pihak orang-orang beriman yang memberi kemuliaan pada Allah (lihat juga Yakubus 1:2-4,12; Kejadian 21:1-3; Mazmur 105:19-22; Kisah Rasul 3:16; Ibrani 6:13-15).”

©…. sebab semua yang lahir dari Allah, me- ngalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang telah mengalahkan dunia, iman kitaª (1 Yoh 5:4).”

IKRAR SAYA”

Hari ini saya memutuskan untuk hidup dalam iman dan mengharap Allah dalam se- mua segi kehidupan saya. Saya mengakui bahwa semua kebutuhan saya sama sekali tergantung pada Allah yang merupakan pe- kerjaan iman. Dalam problema-problema tantangan-tantangan dan kesukaran-kesu- karan saya akan bersandar sepenuhnya pada kesetiaanNya. Apa saja yang dilakukan Allah adalah kemurahanNya – kuasa yang me- mungkinkan segala sesuatu. Saya akan me- ngajar orang lain untuk juga bersandar pada kesetiaan Allah dan berjalan dalam iman di dalam Allah.”

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s