MURID SEJATI YANG BERKUALITAS by SFK

Sebagai orang Kristen, kita adalah orang yang terpanggil, namun Tuhan tidak sebatas hanya memanggil kita tapi Ia ingin kita menjadi MURID yang TERPILIH (Matius22 :14). Seperti kita menampi beras, yang terjadi bahwa beras yang tidak berkualitas (ringan tidak berisi) ataupun gabah (kulit luarnya) akan terpisah sendiri yang akan dibuang, tapi beras yang terpilih memiliki kualitas (berisi) yang bagus yang dapat dipakai akan tetap di dalam tampian. Hal ini juga yang akan terjadi dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen, Tuhan akan menampi hidup kita hingga tinggal yang terbaik yang akan tinggal tetap!

Anda jangan pernah menjadi orang Kristen yang “ANTIK” yang hanya bisa disimpan ataupun dipajang, tetapi jadilah orang yang dipakai Tuhan untuk Kemulian-Nya. Oleh sebab itu, kita perlu dimuridkan sehingga kita menjadi yang ber-KUALITAS yang dapat dipakai Tuhan untuk Kemuliaan-Nya. Kualitas berbicara KARAKTER (sikap, sifat, tingkah laku,…)  dan SKILL (kecakapan).

Syarat untuk menjadi seorang murid sangatlah sederhana, yaitu :

  1. Punya hati yang mau diajar, dibentuk dan dimuridkan, serta
  2. Ada orang yang menjadi guru.

Di dalam keKristenan, tindakan yang tepat setelah seseorang bertobat adalah menjadi murid sebagai langkah iman yang pertama dalam mengasihi Yesus. Seorang percaya seharusnya adalah seorang murid, karena seorang yang percaya harus bertumbuh dalam Iman. Tanpa dimuridkan seseorang akan sulit sekali untuk mentaati Allah, dan orang yang tidak dimuridkan akan mempunyai sifat seperti kanak – kanak secara rohani, ia menyukai hal – hal rohani tapi akan gagal mentaati Firman yang berisi perintah – perintah yang menuntut KETAATAN.

Alkitab berbicara bahwa seorang PERCAYA adalah seorang MURID, bahkan sebutan Kristen mula – mula merupakan sebutan yang diberikan untuk orang – orang  percaya yang sudah menjadi MURID, bukan sekedar pengikut! (Kis2:1,47; Kis6:1).

Tuhan Yesus menginginkan kita menjadi MURID bukan menjadi pengikut. Murid Yesus adalah orang yang meneladani kehidupan Yesus dan hidup tertib dalam Yesus. Dalam Kis2:41-47, sebagai murid kita harus dimuridkan benar – benar dan bertekun. Jadi pemuridan akan membentuk karakter seseorang untuk menjadi dewasa rohani, tahan uji dan memiliki sifat – sifat yang menyenangkan Allah dan orang lain karena kita bisa DIANDALKAN dan DIPERCAYA.

Adapun seorang murid memiliki ciri – ciri khas sebagai berikut :

  1. 1. Memiliki Karakter Kristus

Disini kita berbicara tentang KEBENARAN bukan KEBAIKAN. Banyak orang yang baik tapi belum tentu benar. Sedangkan orang yang benar sudah pasti dia baik. Penting menjadi orang yang benar, bukan baik. Untuk menjadi seorang yang BENAR harus menjadi seorang MURID, dimana dalam proses seorang murid dia akan dididik, dituntun dan dijaga menjadi orang benar bukan saja menjadi orang yang baik tapi menjadi orang yang benar dihadapan Tuhan. 1Tim4:12 menyatakan bahwa “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang – orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” Ciri khas murid adalah mempunyai TELADAN yang bisa dilihat  orang lain. Pemuridan efektif adalah dengan teladan, dengan kita memiliki teladan kita mempunyai kesempatan untuk dianggap rendah oleh orang lain walaupun kita muda. Adapun 5 teladan yang harus dimiliki seorang murid :

  1. Perkataan kita (Amsal18:21); Hidup dan mati dikuasai lidah, sipa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. Kita harus belajar untuk berkata – kata yang benar agar membangun dan memberkati orang lain. Belajarlah untuk mengucapkan FOUR MAGIC WORD, yaitu: THANK YOU (terima kasih), PLEASE(tolong), SORRY(maaf), EXCUSE ME(permisi). Kalau kita tidak belajar hal – hal yang kecil kita tidak pernah dapat melakukan hal yang benar (Kolose4:6)
  2. Tingkah laku (Matius7:1) jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi, jangan melihat kesalahan orang lain, tapi lihat pada diri sendiri, lihat yang baik dari orang lain yang perlu ditiru.
  3. Kasih (1Petrus4:8) dikatakan bahwa kasihilah sungguh – sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. Ingat, bahwa Tuhan tetap mengasihi kita, walaupun keadaan kita tidak layak untuk dikasihi, tapi Tuhan rela mati bagi ANDA di kayu salib.
  4. Kesetiaan (Amsal19:22a) Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaan. Coba tanyakan pada diri Anda sendiri: Setia tidak dengan doa dan baca firman Anda? Setia tidak dengan saat teduh Anda? Setia tidak dengan followup Anda? …… Jadi kesetiaan adalah hal yang paling diinginkan oleh Tuhan dari kehidupan  Anda.
  5. Kesucian (kekudusan) Mazmur119:9. Tanpa kekudusan, kita tidak bisa melihat Tuhan.(Ibrani12:14)
  6. 2. Memiliki Roh yang excellent (unggul dalam mutu)

Roh excellent yang dimiliki oleh Daniel dijamannya memiliki kuasa walaupun didalam gua singa. Cara untuk mempunyai Roh yang excellent yang juga harus dimiliki oleh seorang murid:

  1. Daniel1:8; Menguduskan dirinya (tidak menajiskan) dengan tidak makan santapan raja
  2. Daniel6:11, Tiga kali sehari menyembah dan berdoa pada Tuhan
  3. 3. Memiliki Roh yang berjaga – jaga
  4. 4. Berbuah

Yoh15:8 mengatakan bahwa Bapaku dipermuliakan jika kamu BERBUAH BANYAK dan dengan demikian kamu adalah murid-muridKu. Percaya dan beriman bahwa kita akan berbuah dalam hal buah-buah PERTOBATAN, buah-buah ROH, dan buah-buah JIWA-JIWA (murid)

  1. 5. Menomorsatukan Tuhan, mati terhadap diri sendiri, berani bayar harga (Lukas14:25-33)

Sangkal diri dan pikul salib untuk mengikuti Yesus (Matius16:24)

 

JANGAN HANYA MENJADI JEMAAT BIASA, TAPI JADILAH MURID DAN YANG TERBAIK.

AMIN!!

Pos ini dipublikasikan di Spiritual dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s