4 Karakter Daniel yang excellent (Kotbah minggu 29 Nov 2009 by Ps.Jeffry P. Hutabarat, MPM)

Daniel 6 (Gua Singa)

Siapa yang dapat membuat semua bangsa-bangsa mengenal Tuhan???
Hanya orang yang mempunyai Roh yang luar biasa yang dapat membuat semua bangsa-bangsa mengenal Tuhan!
Ya… Siapa lagi selain DANIEL.

Munkin dari sekolah minggu, sudah sering kita mendengar cerita Daniel yang luar biasa karena Daniel masuk ke gua singa dan dia tidak mengalami apa-apa dan dia baik-baik saja, betul?
Tapi.. untuk kita yang sudah dewasa baik itu dewasa dalam rohani, kita dibawa untuk melihat dari sisi lain dari cerita ini, yaitu sumber dari keluarbiasaan seorang Daniel..
Mari teman-teman, kita lihat dan pelajari…

Di ayat 4 dikatakan : ” Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil Raja itu, karena ia mempunyai ROH YANG LUAR BIASA; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.

Wow… dhasyat….
Ingatlah… kita dapat melebihi dari orang lain di dunia ini dengan hanya memiliki ROH KRISTUS di dalam hidup kita..
Mau? Mau? Mau?

Tubuh boleh terbelenggu tapi roh harus tetap menyala-nyala dan layanilah Tuhan…

Jadi ada 4 karakter Daniel yang luar biasa :
1. Ayat 1-4 : DANIEL DAPAT DIPERCAYA
Lihat… waktu Raja Darius berkenan mengangkat 120 wakil-wakil raja atas kerajaannya, lalu untuk membawahi mereka semua diangkat pula 3 pejabat tinggi, dan DANIEL adalah salah satu dari ketiga orang itu…

Kita baca lebih teliti lagi diayat 3b-4 dikatakan : “…kepada merekalah para wakil-wakil raja harus memberi pertanggungan jawab, supaya raja jangan DIRUGIKAN. Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan dari para wakil raja itu, KARENA IA MEMPUNYAI ROH YANG LUAR BIASA; DAN RAJA BERMAKSUD UNTUK MENEMPATKANNYA ATAS SELURUH KERAJAANNYA.”

Jelas sekali bahwa Raja Darius memercayai Daniel untuk memegang suatu jabatan tertinggi dalam kerajaannya, dan jelas bahwa Raja Darius bersahabat dengan Daniel.

Jadi kita jangan bangga cuma jadi orang KRISTEN yang percaya tapi jadilah orang yang dapat DIPERCAYA! Dan setia dengan perkara-perkara kecil…
Waktu kotbah ini dikatakan ada yang mendorong Samuel (nama panggilanku red) dari hati kecilku yang berkata : ” Sam bangunlah dirimu untuk dapat dipercaya oleh orang lain, oleh keluarga, oleh teman, oleh gembala dll…”

Hei teman… ingatlah bahwa orang yang dapat dipercaya selalu membawa UNTUNG!
Lakukanlah dari hal-hal kecil, mulailah dari lingkungan keluargamu, dari lingkungan gereja, dari lingkungan teman-temanmu, bahkan dari lingkungan tempat kuliahmu atau tempat kerjamu…

2. Ayat 5-6 : DANIEL ADALAH ORANG SETIA
Ingat banyak orang yang akan iri jika kita dipercaya untuk posisi yang luarbiasa, dan banyak orang ingin mencari-cari kesalahan-kesalahan kita…
Jadi di ayat 5 dikatakan : “Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apapun atau sesuatu kesalahan, sebab IA SETIA dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya. ……….kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!”

Ingat pada waktu itu bangsa Media menyembah berhala tetapi Daniel 3 kali sehari berlutut untuk berdoa dan menyembah Allah…
Orang yang setia tidak akan gampang/mudah untuk dicari kesalahannya, so…setialah teman-teman kepada Allah (FOKUS).

3. Ayat 11-12 : DANIEL MENGENAL DAN MENGASIHI ALLAHNYA
Jika TUHAN buka yang satu maka Dia akan menutup yang lainnya..
Ayat 11 dan 12 katakan : “Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, PERGILAH ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; TIGA KALI SEHARI IA BERLUTUT, BERDOA SERTA MEMUJI ALLAHNYA, seperti yang BIASA dilakukannya. Lalu orang-orang itu bergegas-gegas masuk dan mendapati Daniel sedang BERDOA dan BERMOHON kepada Allahnya.”

Ingat…Tuhanlah kehidupan tanpa Tuhan kita binasa.
Daniel bisa aja bilang dengan Raja Darius kalau pejabat-pejabat tinngi lainnya iri dengan dia, tetapi Daniel memilih dengan cara lain dia mengadu kepada Allah.
Daniel tidak mengandalkan Raja Darius tetapi Daniel mengandalkan Allah..

Ayo…kita andalkan Allah dalam hidup kita…

4. Ayat 20-22 : DANIEL PENUH KASIH ALLAH
Apa respon kita yang pertama kali jika ada orang yang menyakiti kita??
Dalam hidup sehari-hari wong Palembang bilang : “Kau sudah masukki aku ke bui, jingoklah agek kalu aku sudah keluar!”
artinya : Kamu sudah masukkan saya ke dalam penjara, lihatlah nanti kalu saya sudah keluar!
Banyak dari kita akan dendam, benar?
Tapi Daniel tidak seperti itu, dia penuh kasih dan mengampuni.

Ayat 21 dan 22 berkata : “..dan ketika ia(raja Darius) sampai dekat gua itu, berserulah ia kepada Daniel dengan suara sayu. Berkatalah ia kepada Daniel : Daniel, hamba Allah yang hidup, Allahmu yang kau sembah dengan TEKUN, telah sanggupkah Ia melepaskan engkau dari singa-singa itu? Lalu kata Daniel kepada raja : ‘Ya raja, kekallah hidupmu!’.”

Ini bukti bahwa Daniel mengasihi raja Darius, dia tidak menjawab dengan pelan juga (kurang semangat) tetapi Daniel menjawab dengan lantang.
Daniel tidak dimakan oleh singa-singa itu karena ada malaikat Tuhan yang menjaganya bahkan ada SINGA dari YEHUDA = Tuhan..

Semoga Rhema ini dapat memberkati kita semua…
Tuhan memberkati kita…
Amin

Pos ini dipublikasikan di Rhema & Kesaksianku dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s