Hidup Hemat

KITA TIDAK MUNGKIN MENGARAHKAN ANGIN…

TETAPI KITA DAPAT MENYESUAIKAN LAYAR KITA.

 

Mel Gibson pernah berkata :”Hollywood adalah sepotong sandwich kotor. Makin banyak roti yang Anda miliki, makin sedikit kotoran yang harus Anda telan.”

Bukan hanya di Hollywood saja..Tapi semua orang yang saya kenal, yang telah berjuang keras dan akhirnya menikmati sukses finansial, tak ada satu pun ingin merasakan kembali saat-saat di mana mereka harus mengumpulkan sen demi sen.

Tentu saja, uang bukanlah segala-galanya, tapi uang pasti dapat membuat hidup lebih lancar dan menyenangkan…tanyakan saja pada Mel Gibson!

Semua perusahaan sukses memiliki anggaran belanja yang harus ditaati agar perusahaan dapat bertahan. Mengapa Anda tidak memandang hidup Anda seperti halnya sebuah perusahaan?

Sungguh mengejutkan melihat pengeluaran Anda untuk hal-hal kecil bertambah tanpa disadari. Tanpa adanya anggaran, Anda akan tergoncang ketika semuanya harus Anda bayar pada saat yang bersamaan. Dengan menyusun anggaran mingguan yang baik, Anda akan dapat melihat tanda peringatan “OVER BUDGET” lebih dini.

Berikut saya  ilustrasikan lewat cerita ini:

Aliong berlari-lari mendekati Engkongnya dengan membawa uang di tangan kanannya dean berkata “Kong, lihat nih gajiku yang pertama!”

Dalam pikiran Aliong adalah belanja komputer, kredit motor, kredit juga mobil, kredit juga rumah, beli Hp baru atau ganti PDA yang baru, mau juga Home Teather dan lain-lain…

Engkong lagsung tau apa yang dipikirkan Aliong, sambil menepuk pundak Aliong, Engkong berkata “Ha…Ha…Ha… Sabar donk, jangan terburu-buru!”

Engkong mensihati Aliong supaya setelah kamu kerja keras dan memperoleh hasil, sebaiknya pikirkan baik-baik sebelum membelanjakan uangmu…. Kalau kita menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu sama saja pemborosan. Kita akan mengalami kondisi yang sama seperti awal kita berusaha keras lagi…

Hematnya hasil yang kita peroleh digunakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari dahulu.

Belanjalah apa yang Anda BUTUHKAN (NEED), bukan untuk apa yang Anda INGINKAN (WANT).

Sedangkan selebihnya sebanyak mungkin disimpan atau ditabung, maka makin menumpuk sehingga dapat digunakan kembali sebagai modal.

Manusia cenderung ingin membelanjakan uang apabila uang sudah ada di tangan apalagi uang yang tidak ada di tangan (kartu kredit).

Berhati-hatilah!

Uang dapat menjadi Tuan yang Jahat dan Uang juga dapat menjadi Hamba yang Baik!

Ada teman Aliong, Joni,  yang suka berfoya-foya memuaskan semua keinginannya, atau menjaga gengsinya supaya gak dibilang KUNO gara-gara gak ikuti trend sekarang, dia beli kulkas 4pintu, AC, TV 32 inchi lengkap dengan home teather. Akhirnya ketika tagihan bulanan datang dia pusing dan berkata :”Udah kerja keras kok gak kaya-kaya? Malah biaya listrik naik gara-gara belanja barang elektronik, dan salah istrinya gara-gara minta uang belanja ditambah lagi!”  Suatu ketika istrinya Joni berteriak :”Knapa TV-nya kok jadi item putih lagi? TV flat 32 inchi-nya kemana? Puanassssssss….AC-nya mana?????” Dan Joni cuma dapat berkata “Nanti kalu ada duit lagi!”

Tidak jarang pemborosan tersebut menggerogoti kita sendiri. BESAR PASAK DARI PADA TIANG!

Hidup Hemat! Semua bangsa juga sudah tau, tapi sulit bsekali dilakukannya karena keinginan manusia tidak terbatas, bahkan ketika tidak mampu kita memaksa untuk memenuhi keinginan diri, sehingga timbul UTANG yang mendorong manusia ke jurang kemiskinan dan tindakan kriminal untuk mendapatkan uang.

Jaga mata Anda untuk tidak merah hijau ketika ada barang bagus sedikit atau murah di mall. Jangan puaskan NAFSU Anda untuk kesenangan sementara.

Anda harus mendisiplinkan diri dalam membelanjakan uang, dan mengatur keuangan Anda!

Hiduplah sederhana maka Anda akan bahagia dan tidak dikejar-kejar hutang ataupun tagihan.

Semoga Anda diberkati.

Pos ini dipublikasikan di Tips dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s