BIKA AMBON

Bahan A :
1 sdm Fermipan
150 cc air
150 gr tepung terigu yang khusus utk bikin cake

Nah... ketiga bahan diatas dicampur rata & diuleni jadi satu (*pake
tangan aja, jadi bisa ngerasa tuh kalo ada tepung yg masih
ngegumpal-gumpal)

Adonan bakalan kental jadinya. Trus... abis itu cuekin aja sampe
kira-kira selama 1 jam-an gitu deh.

Bahan B :
10 btr kuning telur & 5 btr putih telur
450 gr gula pasir
1/4 sdt vanilla bubuk
1 sdt garam halus

*Bahan B ini dikocok jadi satu pake mixer dgn speed 2 aja selama
kira-kira 3 menit gitu, jangan sampe berbusa-busa yah! pokoknya sampe nyampur
rata aja. Inget tuh!

 Bahan C :
100 gr tepung terigu yang khusus utk bikin roti/mie basah (*NOTE:
tepung ini beda lho ama tepung terigu dari Bahan A yg diatas tadi)
450 cc santan matang dingin (Rebus santan sambil diaduk supaya gak
sampe pecah, trus begitu mendidih langsung dimatiin apinya, saring &
dinginkan)
2 sdm mentega cair yellow food coloring (pewarna yellow egg)
2 sdm air jeruk purut+pandan+serai

Cara Membuatnya :
1.. 2 btg serai, 3 helai daun pandan, 8 helai daun jeruk wangi
(Kaffir Lime Leaves) & 300 cc air biasa - dimasak sampe airnya surut menjadi
100 cc, saring ampasnya, nah... air hasil saringan ini entar dicampurin
ke dalam adonan nih.
2.. Setelah 1 jam Bahan A dicuekin, siapin tepung terigu (*yg di
Bahan C) & masukin adonan Bahan A dengan memasukan santan dingin sedikit
demi sedikit sambil diaduk-aduk pake tangan sampe semuanya nyampur rata.
3.. Kalo udah tercampur rata, masukin tuh adonan Bahan B.
4.. Trus masukin mentega cair dan air hasil campuran jeruk purut +
pewarna "egg yellow", trus disaring. Cuekin lagi tuh adonannya sampe
kira-kira 3 jam. Setelah 3 jam, siapin loyang bika ambon. Olesin loyang
dengan minyak, sekali aja... untuk selanjutnya nggak perlu ngolesin minyak
setiap kali angkat adonan. Trus... siap dipanggang. NYAM.. NYAM...

*NOTE :
Kalo mo variasi rasa lain, bisa aja pake pandan extract atau
mocca-paste buat pengganti campuran jeruk purut + serai + pandan.
Supaya bisa bersarang tawon :-)), waktu
manggang nggak langsung di tutup rapat. Oven di biarkan terbuka/setengah
terbuka.
Logis sih, karena Ini mirip kasusnya martabak manis, kalau bikin,
jangan langsung di tutup rapat, tapi biarkan dulu lubangnya terbentuk, baru
di tutup rapat. (Ine)

Tingkat kesulitan : sulit ; Waktu memasak : 5 jam.

Bagi pemula, cara membuatnya memang tergolong rumit, karena fermentasi
alias pengembangbiakan adonan biang harus dilakukan secara bertahap. 
Namun kue anda dijamin jadi, jika mengikuti petunjuk resep dengan benar.

Bahan (untuk 20 potong) :

Adonan Biang :

1 sdm ragi instan
200 cc air
3 sdm gula pasir
200 gr tepung kanji

Adonan Dasar :

2 butir kelapa, parut
10 lembar daun jeruk
20 kuning telur
10 putih telur
800 gr gula pasir
400 gr tepung kanji
minyak untuk olesan

Cara Membuat :
  1.. Adonan biang : Larutkan ragi instan dalam 50 cc air, tambahkan 1
sdm gula pasir.  Campurkan 50 gr tepung kanji, aduk,  sisihkan ± 30
menit hingga berbuih.  Masukkan lagi 75 cc air,  1 sdm gula pasir, dan 75
gr tepung kanji, aduk hingga rata, sisihkan  selama 30-45 menit hingga
naik dan berbuih.  Ulangi proses ini untuk sisa bahan biang.
  2.. Adonan dasar : Peras kelapa parut dengan air ± 700 cc, rebus
bersama  daun jeruk sampai berminyak dan jumlahnya menjadi 600 cc.
Dinginkan.
  3.. Kocok kuning telur dan putih telur bersama gula pasir dengan
mixer  hingga kental dan naik (±10 menit), masukkan tepung kanji dan adonan
biang.  Aduk, masukkan santan, aduk hingga berminyak. Diamkan pada suhu
kamar selama 3,5 - 4 jam atau lebih, hingga adonan naik dan berbusa.
  4.. Cara Memanggang : Taruh pasir bersih dalam nampan, letakkan
loyang  kue ukuran 20 x 20 cm (sudah diolesi minyak goreng) di atas pasir. 
Tutup oven, panaskan dengan suhu 180 C hingga loyang  mendesis bila
ditetesi adonan.
  5.. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dalam oven dengan pintu 
terbuka.  Tunggu hingga adonan berlubang-lubang, lalu tutup loyang
dengan nampan / tutup panci.
  6.. Setelah hampir masak, matikan api bagian bawah, nyalakan api
atas.  Biarkan pintu oven tetap terbuka.  Panggang terus selama 25 - 30
menit.

Bika Ambon Ala Ipon

Bahan A :

1 sdm Fermipan

150 cc air

150 gr tepung terigu yang khusus utk bikin cake

Nah… ketiga bahan diatas dicampur rata & diuleni jadi satu (*pake tangan aja, jadi bisa ngerasa tuh kalo ada tepung yg masih ngegumpal-gumpal)

Adonan bakalan kental jadinya. Trus… abis itu cuekin aja sampe kira-kira selama 1 jam-an gitu deh.

Bahan B :

10 btr kuning telur & 5 btr putih telur

450 gr gula pasir

1/4 sdt vanilla bubuk (*apa sih kalo di Indonesia namanya?… Vanilli yak?

1 sdt garam halus

*Bahan B ini dikocok jadi satu pake mixer dgn speed 2 aja selama kira-kira 3 menit gitu, jangan sampe berbusa-busa yah! pokoknya sampe nyampur rata aja. Inget tuh!

Bahan C :

100 gr tepung terigu yang khusus utk bikin roti/mie basah (*NOTE: tepung ini beda lho ama tepung terigu dari Bahan A yg diatas tadi)

450 cc santan matang dingin (Rebus santan sambil diaduk supaya gak sampe pecah, trus begitu mendidih langsung dimatiin apinya, saring & dinginkan)

2 sdm mentega cair

yellow food coloring (pewarna yellow egg)

2 sdm air jeruk purut+pandan+serai

Cara Membuatnya :

  1. 2 btg serai, 3 helai daun pandan, 8 helai daun jeruk wangi (Kaffir Lime Leaves) & 300 cc air biasa – dimasak sampe airnya surut menjadi 100 cc, saring ampasnya, nah… air hasil saringan ini entar dicampurin ke dalam adonan nih.
  2. Setelah 1 jam Bahan A dicuekin, siapin tepung terigu (*yg di Bahan C) & masukin adonan Bahan A dengan memasukan santan dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk pake tangan sampe semuanya nyampur rata.
  3. Kalo udah tercampur rata, masukin tuh adonan Bahan B.
  4. Trus masukin mentega cair dan air hasil campuran jeruk purut + pewarna “egg yellow”, trus disaring. Cuekin lagi tuh adonannya sampe kira-kira 3 jam. Setelah 3 jam, siapin loyang bika ambon. Olesin loyang dengan minyak, sekali aja… untuk selanjutnya nggak perlu ngolesin minyak setiap kali angkat adonan. Trus… siap dipanggang. NYAM.. NYAM…

*NOTE :

Kalo mo variasi rasa lain, bisa aja pake pandan extract atau mocca-paste buat pengganti campuran jeruk purut + serai + pandan.

Pos ini dipublikasikan di Resep dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s