Blue Berry Cheese Cake

Bahan:

250gr   biskuit coklat

100 gr  margarine, lelehkan

½ sdt    vanilli bubuk

200gr   gula pasir

4 btr     telur

1 sdt     emulsifier

1 Kg    cheese krim

250gr   sour krim

100ml   kahlua (bila suka)

250ml   krim kental

1 sdm   gula pasir

250 gr  selai blue berry

Cara membuat:

1.     Siapkan loyang bongkar pasang 22cm/24cm, olesi mentega. Sisihkan

2.     Hancurkan biskuit hingga halus, lalu tuang margarine leleh, dan vanili bubuk, aduk rata.

3.     Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan-tekan sampai padat, oven sebentar (lk. 10 menit), angkat, sisihkan.

4.     Kocok gula dan telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga naik, tambahkan emulsifier, kocok terus hingga kental, masukkan cheese krim, dan sour krim bergantian sambil dikocok terus, tuangkan kahlua (bila suka).

5.     Tuangkan adonan ini kedalam loyang tadi (yg sudah beralas biskuit), lalu panggang dengan cara au bain marie selama 90 menit.

6.     Angkat, dinginkan di suhu kamar hingga dingin betul.

7.     Sementara itu kocok krim kental dan gula pasir hingga kental, oleskan diatas cheese cake, lalu bekukan dalam kulkas selama lk. 3 s/d 4 jam.

8.     Ratakan selai blue berry diatasnya, hias dengan coklat bentukan atau buah-buahan kaleng,  potong-potong , sajikan.

Tips :

Bisa pake dandang biasa aja kok, tutup pancinya dibungkus serbet, terus sekujur bodi loyang  dilapisin alumunium foil, dan atasnya ditutup juga, biar permukaan kue nggak basah (abis biar udah dibungkus serbet kalo ngukusnya lama ngga jamin air gak netes sih, daripada gagal toh…)

Oh ya, lama ngukusnya kurang lebih 1,5 jam, aku dua kali nambah air pengukusnya, jgn lupa pake air panas/mendidih juga yaa..

 

 

Blueberry Cheese cake verse 2

Bahan alas.
200 gr biskuit oreo tanpa krim. Haluskan. (aku pake biskuit marie roma).
6 sendok makan ULTRA SKM. (aku pake yg ada aja, dan kebetulan bukan ultra;) ).

Bahan cheese cake.
400 gram cream cheese.
100 gram ultra SKM.

100 ml krim kental (aku pake susu cair)
100 gram White Cooking Choc, potong kecil2.
3 lembar gelatin, rendam dgn air dingin, peras. (aku pake gelatin bubuk 8 gr).

200 ml krim kental, kocok mengembang. (aku pake wipkrim bubuk 100 gr + 200 ml air dingin).
100 gram selei bluberry.

25 gr selei blueberry utk topping.

Cara membuat.
Aduk rata bahan alas.
Pipihkan di lotang bongpas diam. 20 cm yg di lapisi mika di bagian sisinya.
Bekukan dalam kulkas.

Cheese cake :
Kocok cream cheese sampai lembut. Masukkan SKM Ultra, kocok rata, sisihkan.
Panaskan krim kental. Masukkan potongan WCC. Aduk sampai WCC larut.
Tambahkan gelatin. Aduk rata.

Masukkan larutan WCC ke dalam kocokan cream cheese. Kocok rata.
Tambahkan krim kocok sedikit-sedikit sambil di aduk rata.
Tambahkan selei blueberry, aduk sekali saja jgn sampai rata.

Tuang ke dalam loyang yg sudah di alas biskuit. Ratakan permukaannya.
Sendokkan selei blueberry di beberapa tempat.
Bentuk marble dgn bantuan tusuk gigi. Bekukan.

 

Tanya jawab:

> 1. paling sip biskuitnya pake apa ya?
= Pake Oreo sesuai resep, atau kalo mau pake crackers tawar, tambahin gula
pasir 2-3 sdm. Adonan biscuit crust ini bisa dicicip sebelum masuk loyang,
jadi kamu lebih free untuk mengkoreksi rasa, sebelum dia dipanggang.

 

> 2. Kenapa siy Cheese Cakenya ga ngembang secara sempurna, pengaruh panas oven yang tidak merata ato teknik panggang au bain marie yg salah ya? Saya emang baru nyoba sekali niy manggang dengan cara au bain marie, aku pake loyang bongpas 20 cm, dan pinggan tahan panasnya emang aga2 ngepas dengan loyang bongpasnya, ngaruh gak siy karena ngepas air panas yang ngerendem loyang jadi gak terlalu banyak?

= Panas oven gak rata. Jumlah air ngaruhnya bukan ke situ, ngaruhnya ke air
yang cepet kering, jadi oven harus dibuka sebelum waktunya.

 

> 3.Lebih enak pake Sour cream apa yoghurt siy? komposisi yg pas antara
cheese cream dengan sour cream/yoghurt berapa gram ya?

= Enakan sour cream dooonk. Komposisi udah pas seperti di resep.
Tapiiiii… ketika kita mengganti sebuah bahan dengan bahan lainnya, satu
hal yang harus dicamkan adalah jangan mengharapkan hasilnya akan persis sama dengan kue yang bahannya gak diganti. Ketika sour cream yang rasa asamnya lembut dan punya rasa gurih diganti dengan yoghurt yang rasa asamnya kuat dan tidak punya rasa gurih, ya jelas hasilnya udah bisa ditebak, yaitu rasa asamnya akan lebih kuat dan tambahan gurihnya tidak ada. Apalagi kalo keju yang dipake juga punya aroma asam yang kuat (contoh: light cream cheese-nya Yummy).

Pos ini dipublikasikan di Resep dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s