Bab 1″ ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH “


A. BUKU KHUSUS DARI ALLAH”

Firman Allah – Kitab Suci – adalah Buku Khusus dari Allah. Tidak seperti buku-buku pada umumnya, buku ini adalah Buku yang supranatural. Buku ini ditulis oleh banyak orang yang diilhami oleh Roh Kudus. (Lihat 2Tim3:16).”

Alkitab adalah buku yang terlaris di dunia dan jumlah penjualannya selalu melebihi penjualan buku-buku lain.”

Alkitab telah diterjemahkan kedalam bahasa-bahasa lain melebihi buku manapun di dunia ini. Aslinya ditulis dalam bahasa Ibrani – Aram dan Yunani. Alkitab yang anda miliki telah diterjemahkan oleh orang-orang yang telah mengabdikan dirinya hingga anda dapat memiliki Firman Allah, pemikiran-pemikiranNya dan rencana-rencanaNya.”

Alkitab adalah juga buku yang paling kuno di dunia. Bagian yang paling kuno dari Alkitab ditulis hampir 4000 tahun yang lalu. Namun Alkitab masih juga merupakan buku yang termodern dalam dunia saat ini, karena di dalamnya kami menemukan jawaban-jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan yang terbesar di dunia :”

  • Dari mana asalku?”
  • Mengapa saya berada di sini?”
  • Ke manakah tujuan saya?”

Walaupun Alkitab terdiri dari 66 buku kecil, namun hanya satu tema pokoknya, ialah Rencana Kasih Allah untuk menyelamatkan umat manusia.”

Di halaman depan Alkitab, anda akan melihat daftar dari 66 buku yang dapat anda temukan dalam Alkitab.”

Alkitab terbagi dalam dua bagian :”

  • Perjanjian Lama dan”
  • Perjanjian Baru”

Perjanjian Lama menceritakan karya Allah bersama manusia sebelum kelahiran Yesus.”

Perjanjian Baru menceritakan tentang kelahiran Yesus, kehidupanNya dan perjalananNya dalam kesembuhan dan pengampunan dosa pada orang-orang yang sakit dan orang-orang berdosa.”

KematianNya di atas salib, kebangkitanNya dari antara orang mati dan pengangkatanNya kembali ke Sorga.”

Perjanjian Baru juga menceritakan pada kita kelanjutan dari pelayanan kesembuhanNya, pengampunanNya. Mereka yang mengikut pengajaran Yesus akan melakukan mujizat-mujizat seperti yang telah dikatakanNya bahwa mereka akan mampu melakukannya (Yoh 14:12).”

Pelajaran-pelajaran dari mereka yang menyaksikan kebangkitanNya dari antara orang mati terdapat dalam surat-surat. Surat-surat ini ditulis selama 50 tahun pertama setelah kebangkitan Yesus dan merupakan separuh dari Perjanjian Baru.”

B. PELAJARILAH ALKITAB”

Hubungan yang paling penting yang dapat anda lakukan dalam hidup ini adalah hubungan dengan Allah. Dengan membaca Alkitab anda akan mengerti seperti apa Allah itu, bagaimana pemikiranNya, rencana-rencanaNya dan janji-janjiNya pada anda.”

Daftar yang ada di halaman depan Alkitab dapat menolong anda untuk menemukan di halaman mana buku yang akan anda pelajari.”

Untuk menolong anda menemukan bagian-bagian yang khusus dalam Alkitab, para penterjemah mengatur penulisan teks itu sebagai berikut :”

  • Nama bukunya”
  • Pasal yang ada dalam buku itu”
  • Ayat-ayat yang ada dalam buku tersebut”

Misalnya anda melihat sebuah referensi yang tertulis :

©Kejadian 3 : 15″, ini berarti :”

  • Bukunya bernama Kejadian”
  • Pasalnya adalah 3″
  • dan ayatnya adalah 15″

C. “DI DALAM AYAT INI ADA JANJI YANG TERBESAR BAGI DUNIA”

©Karena begitu besar kasih Allah akan du- nia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekalª.”

D. TUJUAN DARI FIRMAN ALLAH.”

©…Kitab Suci … dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau pada keselamatan oleh iman kepada Yesus Kristus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakukan dan untuk mendidik orang dalam kebenaranª (2 Tim 3:15,16).”

©Karena kuasa IlahiNya telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat Ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang mem- binasakan duniaª (2 Ptr 1:3,4).”

E. FIRMAN ALLAH MENGHIDUPKAN”

© ….perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidupª ( Yoh 6:63)”

1. Firmannya Mempunyai Daya Cipta”

©Oleh Firman Tuhan langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulutNya segala tentaraNya …… Sebab Ia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya adaª (Mzm 33:6,9). Lihat juga Ibrani 11:3.”

F. FIRMAN ALLAH SEPERTI AIR”

1. Yang Membersihkan “

Kami memulai hidup dalam Kerajaan Allah sama sekali ©tercuci bersihª : Oleh Firman Allah.”

©Kamu memang sudah bersih karena Firman yang telah Kukatakan kepadamuª (Yoh 15:3). Lihat juga Efesus 5 : 25-27.”

2. Yang Menjaga Agar Tetap Bersih”

Firman Allah yang tertanam dalam hati kita dapat menjaga agar kami tetap bebas dari dosa.”

©Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan FirmanMu … Dalam hatiku aku menyimpan janjiMu supaya aku jangan berdosa terhadap Engkauª (Mzm 119: 9,11).”

G. “FIRMAN ALLAH ADALAH TERANG BAGI KEHIDUPAN KITA.”

©Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh Firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimuª (2 Ptr 1:19).”

1.“Firman Itu Memberi Pengertian Di Dalam Dunia Yang Gelap”

© … perintah Tuhan itu murni, membuat mata bercahayaª (Mzm 19:9).”

©FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku …. bila tersingkap, Firman-FirmanMu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodohª (Mzm 119:105, 130).”

H. “FIRMAN ALLAH ADALAH MAKANAN ROHANI KITA.”

©Tetapi Yesus menjawab : ªAda tertulis : Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah” (Mat 4:4).”

1. Yang Memberi Pertumbuhan Rohani”

©Saudara-saudara, pada waktu itu aku tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus, susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanyaª (1 Kor 3:1,2).”

©Dan jadilah seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatanª (1 Ptr 2:2).

Maksud Tuhan bagi kami adalah seperti yang tertulis dalam Efesus 4:12-15 :”

© … sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristusª.”

I. FIRMAN ALLAH ADALAH BENIH.”

Dalam Lukas 8:14,15,Yesus menceritakan pada murid-muridNya perumpamaan seorang penabur.”

Dalam ayat 11 Ia mengatakan : ©Benih itu ialah firman Tuhanª. Kehendak Allah bagi kehidupan kita adalah hidup yang menghasilkan buah (Mzm 1:3).”

©Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipat gandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmuª (2 Kor 9:10).”

J.”FIRMAN ALLAH ADALAH SEPERTI PEDANG.”

©Dan terimalah…pedang Roh yaitu Firman Allahª (Ef 6:17). Lihat juga Ibrani 4:12.”

Perhatikan bagaimana Yesus menggunakan ©pedangª itu melawan setan ketika ia dicobai di padang gurun (Luk 4:1-14).”

K. “FIRMAN ALLAH MEMBANTU KITA BERDOA “

©Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanyaª (Yoh 15:7).”

©Mintalah apa saja yang kamu kehendaki’ secara harafiah berarti untuk ‘meminta seperti seseorang yang mempunyai hak dengan kekuasaan (untuk memerintah ).’ Kini, firman yang mempunyai daya cipta itu ada di dalam MULUT KITA!”

L. “FIRMAN ALLAH KUAT DI DALAM KITA”

©Setiap orang yang mendengar perkataan- Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumah- nya di atas batu. kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu ingin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batuª (Mat 7:24,25). Lihat juga ayat- ayat 26,27.”

Yesus mengatakan bahwa orang bijaksana yang mendirikan rumahnya di atas batu beton di dalam kehidupan kita hingga apapun yang terjadi melawan kita akan tetap teguh.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s