Bab 10″ KASIH KARUNIA”


©Dengan kuasa yang besar rasul-rasul mem- beri kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpahª (Kis 4:33).”

©Dari Atalia berlayarlah mereka ke Antio- kia; di tempat itulah mereka dahulu diserahkan kepada kasih karunia Allah untuk memulai pe- kerjaan, yang telah mereka selesaikanª (Kis 14: 26).”

Mengapa kasih karunia Allah begitu pen- ting dalam kehidupan gereja mula-mula? Me- ngapa gereja di Antiokia berdoa bahwa KA- SIH KARUNIA Allah berada dalam Paulus dan Barnabas, dan kemudian dalam Paulus dan Silas, ketika mereka memulai perjalanan misi mereka?”

A. ARTI DARI KASIH KARUNIA”

Arti yang umum dari ‘kasih karunia’ ada- lah ‘kebaikan Allah yang tanpa pamrih’ de- ngan kata lain walaupun kami adalah orang- orang berdosa yang sebenarnya harus dihu- kum, Allah memandang kami dalam kasihNya dan mengampuni kami.”

Namun inipun hanya setengah dari arti se- sungguhnya. Kasih karunia juga berarti ‘Kua- sa Allah yang memberi kemampuan.'”

©Dan Ia Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karuniaNya telah mengasihi kita dan yang telah menganu- gerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita, kiranya menghibur dan me- nguatkan hatimu dalam pekerjaan dan perka- taan yang baikª (2 Tes 2:16-17).”

Kasih karuniaNya tidak hanya membuat kita dapat diterima sebagai keluarga Allah, te- tapi juga memberi kita kuasa yang kita perlu- kan untuk hidup dalam kehidupan ke Kris- tenan kita. Ada dua ayat yang menunjukkan dua aspek kasih karunia dari Allah itu di da- lam setiap orang yang beriman.”

1. Kebaikan Allah Yang Tanpa Pamrih”

©Sebab karena kasih karunia (kasih karu- nia Allah yang tanpa pamrih) kamu diselamat- kan oleh iman – itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah itu bukan hasil pekerjaanmu; jangan ada orang yang memegahkan diriª (Ef 2:8,9).”

2.”Kekuatan Allah Yang Memberi Ke- mampuan”

©Dalam kasih Ia telah menentukan kita da- ri semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anakNya, sesuai dengan kerelaan kehen- dak-Nya, supaya terpujilah kasih karuniaNya, (kekuatan yang mempunyai kemampuan) yang mulia, yang dikaruniakanNya kepada kita di dalam Dia yang dikasihiNyaª (Ef 1:5-6). Baca juga seluruh pasal yang menggambarkan se- mua yang kita terima karena kasih karunia (o- leh kuasanya yang mempunyai kemampuan).”

Di dalam keselamatan, bukan saja kebaik- an Allah yang tanpa pamrih itu saja dinyata- kan (dimana kita menerima pengampuanan dosa dan pemulihan hubungan dengan Dia sekalipun kita sebenarnya tidak berhak mene- rimanya), tetapi juga kuasa Allah yang mem- punyai kemampuan itu dinyatakan karena ha- nya oleh kuasaNya itu kita dapat diubahkan.”

©Jadi siapa yang ada di dalam Kristus dia adalah ciptaan baru, yang lama sudah berlalu sesungguhnya yang baru sudah datang!ª (2 Kor 5:17).”

Dasar dari kasih karunia ini terus-mene- rus menyertai pejalanan kita dengan Allah. Di dalam segala keadaan di kehidupan ke Kris- tenan kita adalah kasih karunia Allah yang menyebabkan kita bertumbuh dan menjadi kuat, Kuasa Allah yang mempunyai kemam- puan itu diberikan pada kita tanpa imbalan apa-apa dari pihak kita.

©… bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Jurusela- mat kita Yesus Kristus …ª (2 Ptr 3:18).”

B.”KASIH KARUNIA YANG DIBERIKAN PADA PAHLAWAN-PAHLAWAN IMAN”

Kekuatan kerja dari kasih karunia ini di- nyatakan dalam kehidupan orang-orang laki- laki dan perempuan dalam seluruh Alkitab. Setiap pahlawan iman memulai perjalanan- nya dengan Allah karena menyadari ketidak- mampuannya dan kelemahannya.”

Hanya karena membiarkan kasih karunia Allah – kekuatanNya yang mempunyai ke- mampuan – untuk bekerja dalam kehidupan- nya, pahlawan-pahlawan iman itu mampu un- tuk menjadi orang yang dikehendaki Allah untuk memenuhi rencana dan Tujuan Allah dalam hidupnya.”

C.”KASIH KARUNIA DI DALAM KEHI- DUPAN MUSA”

Bacalah Keluaran 3:11-13; 4:1-13. Perin- tah yang Allah berikan kepada Musa bukan- lah tugas yang ringan baginya. Mesir saat itu dikuasai oleh Kekaisaran. Bangsa itu adalah bangsa yang jahat dan Firaun pemimpin yang berjiwa setan itu memegang tampuk peme- rintahan dan mengaku dirinya kudus. Setiap bangsa hidup dalam ketakutan pada Firaun.”

Ketika Allah memberitahu Musa untuk pergi ke Mesir dan memberitahu Firaun un- tuk membebaskan tiga juta bangsanya dari perbudakan, dengan segera Musa memberi- kan jawabannya yang menyatakan kelemahan dan ketidakmampuannya – sebagai berikut :”

Kel    3:11 ©Siapakah aku?ª”

3:13 ©Siapakah Engkau, ya Tuhan?ª”

4:1 ©Mereka tidak akan percaya” kepadaku!””

4:10 ©Aku ini tidak pandai berbicara!ª”

4:13 ©Utuslah kiranya orang lain, ya” Tuhan!””

Tetapi dengan kasih karunia Tuhan, Musa pergi juga ke Mesir, dan dengan tanda-tanda dan mujizat-mujizat ia membawa bangsa Isra- el keluar seperti yang dikatakan Tuhan kepa- danya.”

D.”KASIH KARUNIA DI DALAM KEHI- DUPAN GIDEON”

Bacalah Hakim-hakim 6:1-24. Panggilan Allah datang pada Gideon untuk melepaskan umatNya dari kekuasaan tentara Midian. Un- tuk bertahun-tahun lamanya umat Israel ha- nya mengalami kekalahan. Jawaban Gideon kepada Allah dapat kita baca pada ayat 13, yang menunjukkan ketidakpercayaannya pa- da mulanya :”

©’Ah Tuhanku, jika Tuhan menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami? di ma- nakah segala perbuatan-perbuatanNya yang ajaib yang diceritakan oleh nenek moyang kami kepada kami, ketika mereka berkata : Bukan- kah Tuhan telah menuntun kita keluar dari Me- sir? Tetapi sekarang Tuhan membuang kami dan menyerahkan kami ke dalam cengkeram- an orang Midian’ ª”

Malahan ketika Tuhan memberi dia se- mangat dan berjanji untuk menyertainya, Gi- deon menjawab : ©Ah Tuhanku, dengan apa- kah akan kuselamatkan orang Israel, ketahui- lah kaumku adalah yang paling kecil dari suku Manasye dan akupun seorang yang paling mu- da di antara kaum keluargaku!ª (Lihat ayat 15).”

Walaupun Gideon merasa takut dan tidak mampu, namun dengan kasih karunia Allah (Kekuatannya yang mempunyai kemampuan) Gideon menyelamatkan orang Isrel. Dan dia melakukannya hanya dengan pasukan yang kecil. KASIH KARUNIA telah membuat se- suatu yang berbeda!”

E.”KASIH KARUNIA DI DALAM KEHI- DUPAN RASUL PAULUS”

Baca Kisah Rasul 15:40. Sebelum Paulus dan Silas memulai perjalanan misinya bersa- ma, gereja di Antiokia berdoa untuk mereka dan ©menyerahkan (mereka) …. ke dalam ka- sih karunia Tuhanª, untuk pekerjaan yang di depan mereka.”

Bacalah keterangn Paulus tentang penga- lamannya dalam 2 Korintus 11:22,23. Anda akan mengerti mengapa ia pertama-tama di- serahkan kepada kasih karunia Allah!”

Ia memerlukannya untuk bertahan hidup! Jawaban Tuhan pada pengakuan Paulus ten- tang kelemahannya adalah juga janji-Nya ke- pada kita:”

©…. cukuplah kiranya kasih karuniaKu ba- gimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa- Ku menjadi sempurna ….. ª (2 Kor 12:9).”

F.”BAGAIMANA KASIH KARUNIANYA DILEPASKAN DALAM KEHIDUPAN KITA”

Dalam persekutuan kita dengan Allah se- lama kita berjalan dengan Dia setiap hari – ki- ta akan terus-menerus menemui keadaan-ke- adaan Allah adalah untuk mempercayai Fir- manNya. Kita menyatakan kepercayaan kita melalui ketaatan.”

Ini membuktikan bahwa kita mempercayai apapun yang Firman Allah katakan, bagaima- napun keadaan sekeliling kita. Dan jawaban Allah atas sikap iman kita adalah kasih karu- niaNya, kemampuanNya yang memberi kita kemenangan dalam tiap keadaan.”

G. DUA JANJI-JANJI YANG PENTING”

1.”Kita Mempunyai Keberanian Untuk Menghampiri Tahta Kasih Karunia- Nya”

©Sebab itu marilah kita dengan penuh ke- beranian manghampiri TAHTA KASIH KA- RUNIA supaya kita menerima rahmat dan MENEMUKAN KASIH KARUNIA (kemam- puan yang suci) UNTUK MENDAPAT PER- TOLONGAN KITA PADA WAKTUNYAª (Ibr 4:16).”

2. Allah Itu Mampu”

©Dan Allah sanggup MELIMPAHKAN SEGALA kasih karunia kepada kamu, supaya kamu SENANTIASA berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah BERKELEBIHAN di dalam PELBAGAI kebajikanª (2 Kor 9:8).”

IKRAR SAYA”

Hari ini saya memutuskan untuk meneri- ma kasih karunia Allah, kekuatanNya yang besar, dalam tiap segi dan problema-proble- ma yang timbul dalam hidup saya, dan me- ngajar orang lain untuk melakukan hal yang sama.”

Satu Balasan ke Bab 10″ KASIH KARUNIA”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s