Bab 11″ BAPTISAN AIR”


Yesus memerintahkan semua yang perca- ya padaNya untuk dibaptiskan dalam air.”

©Yesus mendekati mereka dan berkata : ‘KepadaKu telah diberikan kuasa di sorga dan di bumi.”

©Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus ….’ª (Mat 28:18,19). Lihat juga Kisah Para Rasul 2:38-41.”

Di ©baptiskanª berarti ©ditenggelamkan seluruhnyaª. Ketika seseorang bertobat dari dosanya dan percaya Yesus mati baginya, di hadapan banyak saksi dia harus dibawa ke air dan ditenggelamkan ke dalamnya, kemudian diangkat lagi.”

Mengapa Yesus memerintahkan orang- orangNya yang beriman untuk melakukan hal yang aneh ini?”

A. PENGERTIAN BAPTISAN AIR”

Pengertian tentang apa sebenarnya bap- tisan air itu, adalah kunci kehidupan kristen yang penuh kemenangan dan kebebasan.”

Tindakan masuk ke dalam air dan bangkit lagi dari dalamnya menggambarkan apa yang telah terjadi pada seorang yang beriman.”

B.”EMPAT LANGKAH PEKERJAAN KRISTUS YANG DIGAMBARKAN DA- LAM KITA.”

1. Ia Mati …. Saya Mati Dalam Dia”

©Karena kita tahu bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita mengham- bakan diri lagi kepada dosa – sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.ª (Rm 6:6,7)”

2.”Ia Dikuburkan … Saya Dikuburkan BersamaNya”

©Atau tidak tahukan kamu, bahwa kita se- mua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematianNya? Dengan demi- kian kita telah dikuburkan bersama-sama de- ngan Dia oleh baptisan dalam kematian …..ª (Rm 6:3,4).”

3.”Ia Dibangkitkan …. Saya Mempunyai Kehidupan Baru Di Dalam Dia”

©…. supaya, sama seperti Kristus telah di- bangkitkan dari antara orang mati oleh kemu- liaan Bapa, demikian juga kita akan hidup da- lam hidup yang baru. Sebab jika kita telah men- jadi satu dengan apa yang sama dengan kema- tianNya, kita juga akan menjadi satu dengan kebangkitanNyaª (Rm 6:4,5).”

4.”Dia Terangkat Ke Sorga ….. Saya Terangkat Dalam Dia”

©Dan di dalam Kristus Yesus Ia telah mem- bangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di Sorga …..ª (Ef 2:6). Lihat juga Kolose 3:1.”

C. BAPTISAN AIR ADALAH”

1. Upacara Penguburan Anda!”

Suatu upacara penguburan; bukanlah un- tuk membunuh seseorang. Upacara itu diada- kan apabila orang itu telah mati, dan karena anda telah ©matiª dalam Kristus, anda mengu- burkan kehidupan yang lama dalam baptisan air.”

2.”Kebangkitan Anda Untuk Suatu Ke- hidupan Yang Baru!”

Anda bangkit dari air, memperagakan dan menyatakan bahwa anda adalah ciptaan yang baru dalam Kristus!”

©Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, ki- ta percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia. Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati la- gi : maut tidak berkuasa lagi atas Dia.”

©Sebab kematianNya adalah kematian ter- hadap dosa, satu kali dan untuk selama-lama- nya, dan kehidupannya adalah kehidupan bagi Allah. Demikianlah hendaknya kamu meman- dangnya : bahwa kamu telah mati bagi dosa, te- tapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesusª (Rm 6:8-11).”

“D. DUA MACAM KERAJAAN”

©Ia telah melepaskan kita dari kuasa kege- lapan dan memindahkan kita ke dalam kera- jaan anakNya yang kekasihª (Kol 1:13).”

Setiap orang yang dilahirkan ke dalam du- nia ini, dilahirkan ke dalam kerajaan kegelap- an; sebagai budak setan. Tak ada jalan keluar dari kerajaan ini kecuali lewat KEMATIAN, dan tak ada jalan menuju Kerajaan Allah ke- cuali lewat KELAHIRAN. Itulah sebabnya Yesus menjadi kedua-duanya : kematian dan kelahiran baru bagi kita – dan ini yang kita nya- takan dalam baptisan air!”

E. DUA SUKU BANGSA”

Karena ada 2 kerajaan, maka masing-ma- sing kerajaan mempunyai suku bangsanya sendiri. ©Suku Adamª mendiami Kerajaan ke- gelapan dan ©Ciptaan yang Baruª mendiami Kerajaan Allah.”

1. Adam Yang Pertama.”

Karena ©Seperti dalam Adam semua mati …. ª ( 1 Kor 15:28). Lihat juga Roma 5:12.”

Adam adalah ayah kita semua, semua u- mat manusia ini. Dosa Adam telah memisah- kan kami semua dari Allah. Karena dosanya, kami semua mewarisi keadaan alamiah yang pemberontak dan penuh sakit penyakit hing- ga kami layak untuk binasa. Benih Adam dise- but ©Suku Adamª.”

2. Adam Yang Terakhir”

©Karena waktu kita masih lemah, Kristus te- lah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allahª (Rm 5:6).”

Allah tak punya cara yang dapat mengu- bah suku Adam yang jatuh. Ia harus mengha- bisi bangsa itu dan memulai dengan manusia yang sama sekali baru. Yesus adalah Adam yang terakhir. Ia datang sebagai orang yang terakhir (yang bungsu) dari Bapa Adam dan menjadi Yang Sulung dari suku yang baru.”

Ketika Ia tergantung di atas salib, Ia meng- gantung Adam yang terakhir – yang terakhir dari suku Adam. Ketika Ia mati di Salib, Suku Adam dan keadaan alamiah Adam yang ber- dosa ikut mati.”

Allah menghukum mati semua ciptaan yang jatuh di dalam Dia. Suku Adam mati da- lam Kristus.”

3. ORANG YANG KEDUA”

©… maka di dalam persekutuan dengan Kristus semua orang akan dihidupkanª (1 Kor 15:22).”

Yesus datang sebagai Manusia yang baru dari Allah, dan olehNya, bangsa baru tercipta.”

Yesus bangkit dari antara orang yang mati – bukan sebagai Adam yang terakhir – tapi se- bagai Manusia yang kedua, kepala dari Cip- taan yang Baru.”

©Seperti ada tertulis : ªManusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup ©, tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghi- dupkan. Tetapi yang mula-mula datang bukan- lah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemu- dian barulah datang yang rohaniah.”

©Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga. Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk surgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga. Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorga- wiª (1 Kor 15:45-49).”

4. Ciptaan Yang Baru.”

©Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru : yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datangª (2 Kor 5:17). Lihat juga Efesus 2:10.”

Dalam baptisan air, kita menyatakan ke- pada semua teman-teman dan kenalan kita bahwa kita bukan lagi termasuk Suku Adam dan kerajaan kegelapan. Kami adalah ciptaan Baru dalam Kristus, milik kerajaan dari Allah!”

IKRAR SAYA”

Melalui pelajaran ini saya sekarang me- nyadari bahwa kehidupan lama saya beserta dengan dosa dan hukumannya telah dimati- kan dalam kematian Yesus dan kini, oleh ke- bangkitan Yesus saya memiliki kehidupan yang Baru.”

Karena Permandian Air menggambar- kan hal ini, maka saya berikrar untuk dibap- tiskan dalam air dan membagikan kebenar- an ini pada orang lain.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s