Bab 12″ ROH KUDUS”


Setelah Yesus bangkit dari kematian, Ia menampakkan diri pada murid-muridNya se- lama 40 hari. Kemudian ketika mereka sedang berkumpul dengan Dia di puncak bukit yang tinggi, Ia terangkat naik ke sorga di hadapan mata mereka (baca Kisah Para Rasul 1:1-11). Namun, sebelum mereka pergi, Yesus mem- beri umatNya janji yang amat indah dan khu- sus :”

©….. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Peno- long yang lain, supaya Ia menyertai kamu sela- ma-selamanya, yaitu Roh Kebenaran. ………. Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu : Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku per- gi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamuª (Yoh 14:16-18; 16:5-7)”

Yesus tidak meninggalkan kita sendirian di dunia ini. Ia telah mengirimkan Roh Kudus bagi kita.”

A. ROH KUDUS ADALAH ALLAH”

Yang terutama harus kita mengerti ten- tang Roh Kudus, bahwa Ia adalah benar-be- nar Allah.”

©Tetapi Petrus berkata : ‘Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau men- dustai ROH KUDUS …….. Engkau bukan men- dustai manusia, tetapi mendustai Allahª (Kis 5:3,4). Lihat juga 2 Korintus 3:17″

Allah telah memilih untuk menyatakan DiriNya sendiri pada manusia sebagai Bapa, Anak dan Roh Kudus. Pernyataan ini seperti pernyataan dari 3 Pribadi yang berbeda, tapi tiga yang menjadi satu, Tritunggal.”

B. PEMBERIAN DARI ROH KUDUS.”

Roh Kudus adalah pemberian Allah pada setiap orang yang beriman. Apabila seseorang percaya pada Yesus dan menerima kesela- matan daripadaNya, Roh Kudus datang untuk hidup di dalam orang beriman itu, di dalam kehidupan rohaninya.

©Jawab Petrus kepada mereka : ‘Bertobat- lah dan hendaklah kamu masing-masing mem- beri dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita’ª (Kis 2:38,39). Lihat juga Yohanes 7 : 37-39.”

C. PEKERJAAN DARI ROH KUDUS”

1.” Dalam Kehidupan Pribadi Orang Yang Beriman”

Roh Kudus datang dan tinggal di dalam o- rang beriman untuk melayani dia secara pri- badi :”

a. ROH KUDUS (bersaksi tentang hu- bungan kita dengan Allah. ©Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allahª (Rm 8:16).”

b. ROH KUDUS mengajar. ©Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang te- lah Kukatakan kepadamuª (Yoh 14:26).”

c. Ia memimpin. ©….. Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allahª (Rm 8:14).”

d. Ia menolong kita untuk hidup ber- kenan kepada Allah. ©Maksudku ialah : hidup- lah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan dagingª (Gal 5:16). Lihat juga ayat-ayat 17-25.”

e. Ia menolong kita dalam doa. ©Demi- kian juga Roh membantu kita dalam kelemah- an kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebe- narnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-ke- luhan yang tidak terucapkanª (Rm 8:26).”

f. Ia memberi kehidupan bagi Tubuh- tubuh kita. ©Dan jika Roh Dia, yang te- lah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara o- rang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh RohNya, yang diam di dalam kamuª (Rm 8 :11).”

2.” Di Dalam Orang Beriman Untuk Pe- layanan”

Selain memberi Roh Kudus untuk tinggal dalam hidup seorang beriman, Allah juga ing- in mengisi dan membaptiskan orang beriman itu dengan Roh Kudus agar mempunyai keku- atan untuk melayani dan memuliakan Allah di dalam dunia ini.”

a. Roh Kusus Memberikan Kuasa Dan Keberanian untuk Bersaksi. ©Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Sama- ria dan sampai ke Ujung Bumiª (Kis 1:8). Lihat juga Kisah Para Rasul 2:14-40.”

b. Ia Memperkenalkan Karunia-ka- runia yang Supranatural. ©Ada rupa-rupa ka- runia, tetapi satu Roh …. Sebab kepada yang se- orang Roh memberikan karunia untuk berkata- kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk me- nyembuhkan. Kepada yang seorang Roh mem- berikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia mem- berikan karunia untuk membedakan berma- cam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata de- ngan bahasa Roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan baha- sa roh ituª (1 Kor 12:4,8-10). Lihat juga Kisah Para Rasul 2:4; 10:46; 19:6.”

c. Ia Beraksi bahwa YESUS HIDUP. ©Allah nenek moyang kita telah membangkit- kan Yesus ….. kami adalah saksi dari segala se- suatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaru- niakan Allah kepada semua yang mentaati Diaª (Kis 5:30-32). Lihat juga Kisah Para Ra- sul 4:31-33.”

d. Ia memberikan Pengertian yang Se- gar akan Firman Allah. ©…… Tetapi seperti ada tertulis : Apa yang tidak pernah dilihat oleh ma- ta, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manu- sia : semua yang disediakan Allah untuk mere- ka yang mengasihi Dia. Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal- hal yang tersembunyi dalam diri Allahª (1 Kor 2:9,10). Lihat juga Yohanes 16:13.”

e. Ia mengisi roh kita dengan Penyem- bahan yang benar pada Allah. ©……, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, dan ber- kata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian ro- hani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hatiª (Ef 5:18,19). Lihat juga Yohanes 4:24.”

f. Ia Memuliakan Yesus. ©Tetapi apa- bila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.”

©Sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri- Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang di- dengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimaNya dari padaKu. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata : Ia akan memerintahkan kepadamu apa yang diterimaNya dari padaKuª (Yoh 16: 13-15). Lihat juga Yohanes 15:26.”

D.” BAGAIMANA DIBAPTISKAN DALAM ROH KUDUS.”

Allah ingin agar Roh KudusNya, yang tinggal di dalam anda karena anda adalah o- rang yang beriman dalam Yesus, mengisi anda dengan limpahnya serta memberi anda keku- atan untuk melayani Dia (Ef 5:18).”

1.” Roh Kudus Adalah Pemberian Yang Dijanjikan Allah, Maka Mintalah”

©….. Jadi jika kamu yang jahat tahu mem- beri pemberian yang baik kepada anak-anak- mu, apalagi Bapamu yang di Sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNyaª (Luk 11:13). Lihat juga ayat-ayat 9-12.”

2.” Mulailah Untuk Memuji Allah Apa- bila Anda Menerimanya Dalam Iman”

©Mereka sujud menyembah kepadaNya, la- lu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di da- lam Bait Allah dan memuliakan Allahª (Luk 24:52,53).”

3.” Anda Dapat Berbicara Dengan Baha- sa Supranatural”

©Dan ketika Paulus menumpangkan tang- an di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata da- lam roh dan bernubuatª (Kis 19:6). Lihat juga Markus 16:17, Kisah Para Rasul 2:4; 10:45,46; 1 Korintus 14:5,18)”

IKRAR SAYA”

Saya berterima kasih pada Allah untuk Roh Kudus dalam hidup saya. Hari ini saya memutuskan untuk memberi tanggapan pa- da bisikan dan bimbingan Roh Kudus. Saya memutuskan untuk belajar mendengar sua- ra Roh Kudus di dalam hati saya. Saya memi- lih untuk dipenuhi dengan Roh Kudus. Seka- rang saya buka roh saya untuk dipenuhi de- ngan Roh Kudus.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s