Bab 14″ PERSEKUTUAN”


A. TUJUAN DARI PERSEKUTUAN”

Persekutuan orang-orang Kristen sangat- lah penting, karena dalam persekutuan kita- lah ..”

1.” Orang Beriman Dapat Dikuatkan De- ngan Bertumbuh Dalam Kristus”

©Sebab aku ingin melihat kamu untuk mem- berikan karunia rohani kepadamu guna me- nguatkan kamu, yaitu, supaya aku ada di an- tara kamu dan turut terhibur oleh iman kita ber- sama, baik oleh imanmu maupun oleh iman- kuª (Rm 1:11,12).”

2.” Dunia Akan Mengerti Bahwa Yesus Diutus Oleh Allah”

©Dan Aku telah memberikan kepada mere- ka kemuliaan, yang Engkau berikan kepadaKu, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita adalah satu : Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna men- jadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau me- ngasihi mereka, sama seperti Engkau menga- sihi Akuª (Yoh 17:22,23).”

B.” BAGAIMANA SEHARUSNYA PERSE- KUTUAN ITU.”

1. Suatu Dasar Dari Ikrar Bersama”

©Hendaklah kamu saling mengasihi seba- gai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormatª (Rm 12:10).”

Tanpa dasar saling mempercayai, tak akan ada persekutuan. Dalamnya rasa persekutuan itu beraneka ragam sesuai dengan dalamnya ikrar kita.

2.” Ikrar Kita Harus Didasari Dengan Kasih ©Agapeª”

©Agapeª adalah kasih ©satu arahª yakni ©kasih yang mengasihi, sekalipun …ª dan bu- kan ©mengasihi, karena ……ª. Ikrar dengan kasih agape ini tak akan goyah oleh tidak konsistennya sikap seseorang pada kita. ”

©Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sa- ma seperti Aku telah mengasihi kamu demi- kian pula kamu harus saling mengasihiª (Yoh 13: 34).”

3.” Persekutuan Yang Benar Berpusat Pa- da Kristus”

Persekutuan kita dengan sesama didasar- kan oleh ikrar kita pada Kristus.”

©….. Dan persekutuan kami adalah perse- kutuan dengan Bapa dan dengan anakNya, Yesus Kristusª (1 Yoh 1:3). Lihat juga Filipi 2: 1,2.”

4. Berjalan Dalam Terang”

Untuk suatu persekutuan, sangat diperlu- kan sikap saling terbuka, jujur dan benar. Hal ini kadang-kadang dapat berarti :”

a. Pengakuan Akan Dosa-dosa kami pada lain orang, atau dengan Kasih sayang menutupi dosa lain orang. ©Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita ber- dusta dan kita tidak melakukan kebenaran. Te- tapi jika kita hidup di dalam terang sama seper- ti Dia ada di dalam Terang, maka kita akan beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, anakNya itu, menyucikan ki- ta daripada segala dosaª (1 Yoh 1:6,7). Lihat juga Matius 18:15.”

b. Ketaatan pada Terang. Hukum-hu- kum yang telah diberikan Allah secara umum atau khusus.”

c. Penyingkiran dari semua Topeng atau Penutup yang Palsu. Begitu banyak per- sekutuan di dunia ini yang munafik, dari luar tampaknya melakukan sesuatu kegiatan yang baik tapi tidak demikian di dalamnya (tidak murni).”

©Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran sehingga ka- mu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh- sungguh saling mengasihi dengan segenap ha- timuª (1 Ptr 1:22).”

5.” Perhatian Yang Sungguh-sungguh Un- tuk Kesejahteraan Orang Lain”

Tak seharusnya seseorang itu mempunyai itikad yang tersembunyi demi keuntungan di- rinya sendiri. Kerinduan kami hendaknya ha- nya untuk memberi, bukan menerima.”

©Dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaiknya hen- daklah dengan rendah hati yang seorang me- nganggap yang lain lebih utama daripada diri- nya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang ha- nya memperhatikan kepentingan sendiri, tetapi kepentingan orang lain jugaª (Flp 2:3,4).”

6. Kerelaan untuk Pengorbanan Diri.”

©Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu sa- ling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi ka- mu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya un- tuk sahabat- sahabatnyaª (Yoh 15:12,13).”

Arti : Kehidupan ini sebenarnya lebih dari hanya kehidupan secara jasmani. Arti kehi- dupan sebenarnya mencakup milik kita secara materi, pandangan hidup kita, kesukaan-ke- sukaan kita dst. (Yak 2: 15,16). Bahkan juga kerelaan untuk membuka hati bagi orang lain. Karena kita hanya mengenal seseorang sejauh mana mereka mau membuka dirinya terhadap kita.”

C.” PERSEKUTUAN DI DALAM GEREJA BERARTI:”

1. Saling Berbagi Dalam Segala Hal”

Ada 3 tingkat perkembangan dalam perse- kutuan seperti tertulis dalam Kisah Para Ra- sul 4:32. Pertama-tama mereka bersatu hati (satu roh), mereka satu jiwa (pikiran) dan mengikuti citra mereka dengan penekanan pada memiliki bersama apapun yang mereka miliki.”

©Dan semua orang yang telah menjadi per- caya tetap bersatu dan segala kepunyaan me- reka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikanya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masingª (Kis 2:44,45).

2. Saling Mengorbankan Diri”

©Sampaikan salam kepada Priska dan Ak- wila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus. Mereka telah mempertaruhkan nyawa- nya untuk hidupku. Kepada mereka bukan aku saja yang berterimakasih, tetapi juga semua je- maat bukan Yahudiª (Rm 16:3,4).”

3.” Mengabdikan Diri Untuk Melayani Orang-orang Kudus”

©Ada suatu permintaan lagi kepadamu, saudara-saudara kamu tahu bahwa Stefanus dan keluarganya adalah orang-orang yang per- tama-tama bertobat di Akhaya, dan bahwa me- reka telah mengabdikan diri kepada pelayanan orang-orang kudusª (1 Kor 16:15).”

4.” Menjadi Saluran Untuk Membagikan Tunjangan Pada Orang Lain Yang Me- merlukan”

©Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurang mereka, agar ke- lebihan mereka kemudian mencukupkan keku- rangan kamu, supaya ada keseimbanganª (2 Kor 8:14). Lihat juga 1 Korintus 16:17.”

5. Berbagi Dalam Penderitaan.”

©Namun baik juga perbuatanmu, bahwa kamu telah mengambil bagian dalam kesusah- ankuª (Flp 4:14).”

6. Pemberian Yang Penuh Pengorbanan.”

©Selagi dicobai dengan berat dalam pelba- gai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mere- ka kaya dalam kemurahan. Aku bersaksi bah- wa mereka telah memberikan menurut kemam- puan mereka, bahkan melampaui kemampuan merekaª (2 Kor 8:2,3).”

7. Keramah-tamahan”

©Saudaraku yang terkasih, engkau bertin- dak sebagai orang percaya, di mana engkau berbuat segala sesuatu untuk saudara-saudara sekalipun mereka adalah orang-orang asingª (3 Yoh 1:5). Lihat juga Ibrani 13:2.”

8.” Saling Membangun Dan Saling Me- nguatkan”

©Demikianlah kami, dalam kasih sayang yang besar akan kamu, bukan saja rela memba- gi Injil Allah dengan kamu, tetapi juga hidup kami dengan kamu, karena kamu telah kami kasihiª (1 Tes 2:8). Lihat juga 2 Timotius 3 : 10-14.”

D.” HASIL-HASIL DARI PERSEKUTUAN”

Hasil-hasil dari persekutuan gereja yang mula-mula adalah :”

  • takut akan Allah (Kis 2:43);”
  • kesukaan (Kis 2:46);”
  • disukai semua orang (Kis 2:47);”
  • bertambahnya jumlah orang-orang yang beriman (Kis 2:47);”
  • semua kebutuhan terpenuhi (Flp 4:19);”
  • pentingnya kepemimpinan (1 Kor 16: 15,16);”

IKRAR SAYA”

Melalui pelajaran ini, kini saya mengerti pentingnya selalu bersekutu dengan umat-u- mat Kristen yang lain. Hari ini saya berikrar untuk menjadi bagian dari sekelompok o- rang-orang percaya di mana saya dapat mem- berikan kesetiaan saya, kasih dari pelayanan saya.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s