Bab 18″ DOA”


©Ia akan berseru kepadaKu, Aku akan men- jawab …. dan akan kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari padaKuª (Mzm 91:15,16).”

Saat-saat kami bersama dengan Tuhan di dalam doa adalah saat-saat yang dapat mele- paskan kuasa yang paling dinamis, kuasa yang mampu mengubah keadaan, yang pernah di- kenal oleh dunia.”

Alkitab menggambarkan banyak cara ber- doa, tapi apa yang akan kita pelajari di bawah ini adalah doa pribadi, sebagai langkah per- tama. Doa bersama(dengan banyak orang) adalah bagaikan kesatuan tubuh, akan kuat apabila doa-doa pribadi kita dengan Tuhan juga kuat.”

A. TEMPAT YANG TERSEMBUNYI”

©Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembu- nyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersem- bunyi akan membalasnya kepadamu, secara terbukaª (Mat 6:6, terjemahan amp)”

Kami telah diundang untuk memasuki doa bukan oleh dari Tuhan sendiri. Doa yang ©ra- hasiaª ini telah membuat kami seperti telah menerima dan menjamin.”

  1. Motivasi yang benar (Mat 6:5)”
  2. Hubungan Yang Benar dengan Allah sebagai Bapa (Luk 11:11- 13)”
  3. Kepercayaan yang sungguh kepada Tuhan (Mzm 55:16,17)
  4. Membuang Penampilan doa yang dibuat-buat (Mar 55:16,17)”

Cara kita menyatakan perasaan-perasaan dan beban-beban kita dalam percakapan de- ngan Tuhan, dapat berupa pemujaan (Mzm 34:1-4), pengakuan (1 Yoh 1:9), permohonan (Mat 7:7), atau Ucapan Syukur (Ef 5:4,20).”

B.” LIMA PERINTAH YANG BERHU- BUNGAN DENGAN DOA”

1. Senantiasa Berjaga Dan Berdoa”

©Berjaga-jagalah senantiasa sambil ber- doa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk lu- put dari semua yang akan terjadi itu, dan supa- ya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manu- siaª (Luk 21:36).”

2.” Berdoalah Agar Tidak Jatuh Ke Da- lam Pencobaan”

©Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya ka- mu jangan jatuh ke dalam pencobaan : Roh memang penurut, tetapi daging lemahª (Mat 26:41).”

3. Berdoalah Untuk Pekerja-pekerja”

©KataNya kepada mereka : ‘Tuaian me- mang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu’ª (Luk 10:2).”

4.” Berdoalah Untuk Para Penguasa Dan Pejabat”

©Pertama-tama aku menasihatkan : Naik- kanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tentram dalam segala kesalehan dan kehormatanª (1 Tim 2:1,2).”

5. Berdoalah Untuk Musuh-musuh Anda”

©Mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencari ka- muª (Luk 6:28).”

C. BILAMANA KAMI HARUS BERDOA”

Alkitab memberi banyak contoh dari orang-orang yang berdoa (1 Taw 4:10). Apa- bila kita memperhatikan, maka banyak dari pahlawan-pahlawan iman itu yang mempu- nyai waktu tertentu setiap hari yang khusus di- gunakan untuk berdoa, seringkali tiga kali se- hari : pagi hari, siang hari dan malam hari.”

©Tetapi aku berseru kepada Allah, dan Tuhan akan menyelamatkan aku. Di waktu pe- tang, pagi dan tengah hari aku cemas dan me- nangis; dan Ia mendengar suarakuª (Mzm 55: 17,18). Lihat juga Daniel 6:10.”

Contoh yang terbaik dari kehidupan doa sehari-hari yang dilakukan dengan sungguh- sungguh adalah doa yang menghindari atur- an-aturan upacara agama yang dapat ditemu- kan dalam diri Tuhan Yesus sendiri.”

  1. Pada waktu pagi-pagi sekali” (Mar 1:35)”
  2. Sepanjang Malam (Luk 6:12)”
  3. Tiap kali sebelum makan (Mar 6:41)”

D. APA YANG DIDOAKAN”

1. Untuk Kami Sendiri”

©Yabes berseru kepada Allah Israel katanya : ‘Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah- limpah dan memperluas daerahku, dan kira- nya tanganMu menyertai aku, dan melindungi aku daripada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku.’ Dan Allah mengabulkan permintaannya ituª (1 Taw 4:10).”

2.” Saling Mendoakan, Seorang Dengan Yang Lain”

©karena itu hendaklah kamu saling menga- ku dosamu dan saling mendoakan, supaya ka- mu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanyaª (Yak 5:16).”

3.” Untuk Pelayanan Dalam Tubuh Kristus”

©Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kami, supaya Firman Tuhan beroleh ke- majuan dan dimuliakan, sama seperti yang te- lah terjadi diantara kamuª (2 Tes 3:1).”

4. Untuk Orang Sakit Dan Yang Menderita”

©Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! … kalau ada yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua je- maat supaya mereka mendoakan dia serta me- ngoles dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyela- matkan orang sakit itu dan Tuhan akan mem- bangunkan dia …. karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosa dan saling mendoakan supaya kamu sembuh ….. © (Yak 5:13-16).”

5. Untuk Orang Yang Berbuat Dosa”

©Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak menda- tangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepa- danya …… ª (1 Yoh 5:16).”

E. PERTOLONGAN DALAM DOA”

©Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagai- mana sebenarnya harus berdoa untuk kita ke- pada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkanª (Rm 8:26).”

Sebagian dari tujuan Roh Kudus adalah untuk mengajar kita (Luk 12:12), memimpin kita berdoa (Rm 8:27) dan untuk menolong kita dalam beriman (Efesus 3:16,17).”

Roh Kudus kadang-kadang mengurapi doa orang beriman itu dengan cara khusus, dan ini disebut ©doa dalam Roh Kudusª (Yud 20, Ef 6:18)”

Untuk menolong kita dalam doa, Roh Ku- dus juga telah menyediakan karunia khusus bagi orang yang beriman :”

Karunia Lidah – berbicara dalam bahasa yang lain pada Tuhan dalam doa. Lihat 1 Ko- rintus 12:4-11″

©Doa orang jujur adalah kesukaanNya … doa orang benar didengarNyaª (Ams 15:8,29, kjv).”

F.” DOA DARI DUA ORANG YANG SEPA- KAT”

©Dan lagi Aku berkata kepadamu : ‘Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh BapaKu yang di sorga’ª (Mat 18:19).”

G. GEREJA YANG BERDOA”

Jika dua orang saja berdoa dapat mengha- silkan kekuatan yang luar biasa, bagaimana pula apabila seluruh jemaat Allah berdoa? Lihat Kisah Para Rasul 4:24.”

Hari ini Allah memanggil umatNya untuk berdoa! Misi gereja adalah untuk mengubah kehidupan-kehidupan pribadi, keluarga-ke- luarga, kumpulan masyarakat, kota-kota, dan bangsa bangsa melalui Doa!”

IKRAR SAYA “

Melalui pelajaran ini saya menyadari ke- sempatan doa yang indah, tidak hanya dalam persekutuan saya dengan Allah, tapi juga ha- sil-hasil Supranatural (yang di luar jang- kauan pemikiran kami) yang mengikutinya. Saya berikrar untuk selalu melakukan doa sebagai suatu yang terutama dalam hidup saya.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s