Bab 19″ SORGA”


© …. Allah ada di Sorga dan engkau di bumi …. tapi takutlah akan Tuhanª (Pkh 5:1,6).”

A. APAKAH SORGA ITU?”

1. Sorga Adalah Tempat Kediaman Allah”

©Bukanlah Allah bersemayam di langit yang tinggi? Lihatlah bintang-bintang yang ter- tinggi, betapa tingginya!ª (Ayb 22:12). Lihat juga Ulangan 26:15.”

2. Sorga Adalah Ruangan – Tahta Allah”

©Tuhan sudah menegakkan tahtaNya di Sorga dan KerajaanNya berkuasa atas segala sesuatuª (Mzm 103:19). Lihat juga Yesaya 66:1.”

3.” Sorga adalah Tempat Yang Penuh Ke- muliaan Allah”

©Sementara aku terus melihat, tahta-tahta diletakkan, lalu duduklah yang lanjut usianya; pakaianNya putih seperti salju dan rambutNya bersih seperti bulu domba; kursiNya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berko- bar-kobar suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapanNya …. ª (Dan 7:9,10). Lihat juga Kisah Para Rasul 7:55.”

4.” Sorga Adalah Rumah Orang-orang Benar (percaya) Yang Telah Meninggal”

©Karena kami tahu, bahwa jika kemah tem- pat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusiaª (2 Kor 5:1).”

5.” Sorga Adalah Rumah Masa Depan Bagi Semua Orang Percaya”

©Kemudian daripada itu aku melihat: Se- sungguhnya, suatu kumpulan besar orang ba- nyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, da- ri segala bangsa dan suku dan kaum dan baha- sa berdiri di hadapan tahta, memakai jubah pu- tih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka ber- seru : ªKeselamatan bagi Allah kamu yang du- duk di atas tahta …. © (Why 7:9,10).”

B. KEADAAN SORGA”

Sorga adalah tempat yang jauh dari apa- pun yang mungkin dapat kita bayangkan (1 Kor 2:9; 13:12). Sorga adalah merupakan tem- pat dari kesucian, penuh kemuliaan dan tanpa akhir.”

Tetapi walaupun Alkitab tidak menggam- barkan secara terperinci tentang bagaimana sorga itu, Alkitab memberikan kita beberapa petunjuk yang jelas mengenai keadaannya an- tara lain :”

1.” Sebuah Tempat Kemuliaan Yang Agung”

©Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam kerajaan Bapa mereka …..ª (Mat 13:43).”

2.” Tempat Penyembahan Yang Terus Menerus”

©Kemudian daripada itu aku mendengar seperti suara yang nyaring dari himpunan besar orang banyak di Sorga katanya : ‘Haleluya! Ke- selamatan dan kemuliaan dan kekuasaan ada- lah pada Allah kita …..’ Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, se- perti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya : ª Haleluyah! Karena Tuhan Allah kita, yang Mahakuasa, telah menjadi raja …. © (Why 19:1-6). Lihat juga Roma 5:11,12.”

3. Tempat Yang Kekal (Tidak Berakhir)”

© … Kepada kamu akan di karuniakan hak penuh untuk memasuki kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristusª (2 Ptr 1:11). Lihat juga 1 Petrus 1:4.”

4.” Tempat Yang Tidak Ternodai Oleh Ke- jahatan”

©Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya se- suatu yang najis atau yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba ituª (Why 21:27). Lihat juga Efesus 5:5.”

Kitab Wahyu menggambarkan Yerusalem baru, yang turun dari Sorga, sebagai tempat tanpa :”

  1. Malam (22:5)”
  2. Kutukan (22:3)”
  3. Kesakitan (21:4)”
  4. Tangis, dukacita (21:4)”
  5. Maut (21:4)”

Hal ini disebabkan karena keadaan dari sorga yang merupakan hasil dari keadaan Allah. Karena sorga penuh dengan manifes- tasi dari keberadaan Allah, seperti apa Allah itu, Sorga adalah merupakan tempat dari ke- sucian, penuh kemuliaan dan tanpa akhir.”

C. HUBUNGAN KITA DENGAN SORGA”

Sebagai orang-orang percaya, kita seka- rang hidup dalam persekutuan yang khusus dengan sorga, karena :”

1. Disanalah Tempat Kediaman Kita”

©Sebab kamu sudah datang ke … kota Allah yang hidup, Yerusalem Sorgawi dan kepada be- ribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meri- ah, dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga …..ª (Ibr 12:22-23). Lihat juga Filipi 3:20.”

2. Disanalah Kita Didudukkan Di Tahta”

©Dan di dalam Kristus Yesus Ia telah mem- bangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di Sorga ª (Ef 2:6).”

3. Disanalah Sumber Kehidupan Kita”

©Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah menga- runiakan kepada kita segala berkat rohani di dalam Sorgaª (Ef 1:3). Lihat juga Kolose 3: 1-4.”

4. Disanalah Nama Kita di-Catat”

©Namun demikian janganlah bersuka-cita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersuka citalah karena namamu ada terdaftar di Sorgaª (Luk 10:20). Lihat juga Ibrani 12:23.”

5.” Kami Telah di-Utus Oleh Dia Yang Tinggal di Sana”

©Mereka bukan dari dunia sama seperti Aku bukan dari dunia …. sama seperti Engkau mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam duniaª (Yoh 17:16,18). Lihat juga 2 Korintus 3:20.”

6. Mata Kita Tertuju Ke Sana”

©Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar daripada penderitaan kami. Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tidak kelihatan adalah kekalª (2 Kor 4:17,18). Lihat juga Ibrani 11:9,10,14-16.”

7. Disanalah Harta Kita Berada”

©…. yang karena rakhmatNya yang besar telah melahirkan kita kembali, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, untuk mene- rima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamuª (1 Ptr 1:3,4). Lihat juga Matius 6:19-21.”

8. Kesanalah Kita Terpanggil”

©……. tetapi ini yang kulakukan : aku melu- pakan apa yang telah di belakangku dan me- ngarahkan diri kepada apa yang dihadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memper- oleh hadiah, yaitu panggilan Sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesusª (Flp 3:13,14).”

Yesus sendiri sebelum kembali ke Sorga, memberikan suatu janji yang sangat khusus kepada setiap orang percaya :”

©Jangan gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak de- mikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun beradaª (Yoh 14:1-3). Lihat juga 17:24.”

IKRAR SAYA”

Hari ini saya memutuskan untuk menga- rahkan keinginan saya pada hal-hal yang di Sorga, dan bukan hal-hal yang di dalam du- nia ini. Saya sadar bahwa hidup saya di dunia ini hanya sementara, karena itu saya akan hi- dup dengan prioritas yang diteguhkan oleh kebenaran ini. Saya akan membagikan kepa- da yang lain kabar-kabar baik tentang tem- pat kediaman yang kekal dan indah ini, yang ditawarkan oleh Yesus pada semua yang mau percaya padaNya.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s