Bab 2″ ALLAH”


Allah terlalu agung untuk hanya dapat kami mengerti sepenuhnya. Ia tidak berawal dan tidak berakhir. Tidak ada suatu tempat di ma- napun dimana hadiratnya tak dapat kita rasa- kan.”
Dalam Ayub 11:7 Alkitab mengajukan pertanyaan : ©Dapatkah kau memahami hakekat Allah, menyelami batas-batas kekuasaan yang Maha Kuasa ?ª”
Allah tinggal di sorga dan Ia menguasai seluruh dunia ini. Alkitab menceritakan kepada kita:”
©Beginilah Firman Tuhan : ªLangit adalah takhtaKu dan bumi adalah tumpuan kakiKu…” (Yes 66:1).”
©Allah memerintah sebagai raja atas bangsa-bangsa, Allah bersemayam di atas takhtaNya yang kudusª (Mzm 47:8).”
Dalam pelajaran ini kami akan melihat kebenaran-kebenaran yang hakiki tentang Allah. Kebenaran-kebenaran ini merupakan fakta tentang karakter Allah yang tidak berubah, yang dapat membuat anda makin mengerti tentang Allah dan betapa Ia memperhatikan anda secara pribadi.”
A. SEPERTI APAKAH ALLAH ITU?”
1. Allah Adalah Pencipta Segala Sesuatu”
©Hanya Engkau adalah TUHAN!Engkau telah menjadikan langit, ya langit segala langit dengan segala bala tentaranya, dan bumi dengan segala yang ada di atasnya, dan laut dengan segala yang ada di dalamnya. Engkau memberi hidup kepada semuanya itu dan bala tentara langit sujud menyembah kepadaMuª (Neh 9:6).”
©Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibukuª (Mzm 139:13).”
2. Allah Maha Kuasa”
©Sebab siapa yang menentang kehendak- Nya? …. Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya …..?ª (Rm 9:19- 21).”
©Ya Tuhan, punyaMUlah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya, Tuhan, punyaMulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepalaª (1 Taw 29:11).”
©Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kitaª (Ef 3:20).”
3. Allah Adalah Maha Tahu”
©Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapanNya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepadaNya kita harus memberikan pertanggungan jawabª (Ibr 4:13).”
© ….. Allah adalah lebih besar daripada hati kita serta mengetahui segala sesuatuª (I Yoh 3:20).”
4. Allah Adalah Suci”
©Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kitaª (1 Sam 2:2).”
5. Allah Adalah Roh”
©Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembahNya dalam roh dan kebenaranª (Yoh 4:24).”
6.”Allah Adalah Seseorang Yang Dapat Anda Kenal”
©Mendekatkan kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu ….ª (Yak 4:8).”
©Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepadaNya, pada setiap orang yang berseru kepadaNya dalam kesetiaanª (Mzm 145:18).”
7.”Allah Adalah Seorang Bapa Yang Penuh Kasih”
©Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah dan memang kita adalah anak-anak Allah ….ª (1 Yoh 3:1).”
B.”ALLAH TERLALU AGUNG UNTUK DIAM DALAM KUIL-KUIL”
©Allah yang telah menjadikan bumi dan se- gala isinya, Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hi- dup dan nafas dan segala sesuatu kepada se- mua orang …Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu : Sebab kita ini dari keturanan Allah juga …ª (Kis 17: 24, 25,28).”
C. KAMI ADALAH :”
1. Diciptakan Oleh Allah”
©Aku bersyukur kepadaMu oleh karena ke- jadiaku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kau buat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu. ke- tika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mataMu melihat selagi aku ba- kal anak, dan dalam kitabMu semuanya tertu- lis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanyaª (Mzm 139:14-16).”
2. Dimiliki Allah”
©Atau tidak tahukan kamu, bahwa tubuh- mu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sen- diri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar : Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!ª (1 Kor 6:19-20).”
3. Dipanggil Untuk Menyembah Allah.”
©Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala se- suatu; dan oleh karena kehendakMu semua- nya itu ada dan diciptakanª (Why 4:11).”
D. BUATLAH SUATU KEPUTUSAN”
Yesus berkata, ©Kasihilah Tuhan, Allah- mu dengan segenap hatimu dan dengan sege- nap jiwamu dan dengan segenap akal budimuª (Mat 22:37).”
Alkitab menceritakan tentang seorang pe- mimpin besar bangsa Israel.”
Bangsa Israel telah mengembara selama empat puluh tahun dipadang gurun, tanpa memiliki tanah sendiri. Dibawah pimpinan Allah, Yosua memimpin mereka dan menda- patkan kemenangan melawan bangsa-bangsa yang jahat yang diam di Kanaan, merebut ta- nah mereka untuk diberikan pada bangsa Is- rael yang tidak mempunyai tempat tinggal itu.”
Yosua kemudian menantang seluruh bani Israel untuk membuat suatu keputusan :”
©……pililah pada hari ini kepada siapa ke- pada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di se- berang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. TETAPI AKU DAN SEISI RUMAHKU, KAMI AKAN BER- IBADAH KEPADA TUHAN ª (Yos 24:15).”
Tantangan yang sama diajukan juga pada masing-masing kami. Maukah kami hari ini membuat ikrar yang sama yang diucapkan Yosua?”
IKRAR SAYA”
Hari ini saya menyatakan hanya akan beribadah pada Tuhan yang benar, Tuhan segala langit dan bumi dan saya menyerah- kan kehendak saya, hidup saya dan semua milik saya padaNya. Mulai hari ini saya me- mutuskan tidak lagi menyembah allah lain. Saya hanya akan beribadah kepadaNya dan saya akan mengajar orang lain kebenaran- kebenaran tentang Allah.”
AKHIR KATA”
Ingatlah hukum untuk meluaskan Keraja- an Allah. Saat ini adalah giliran anda untuk mengajar seseorang tentang Allah dan untuk mengajar mereka agar merekapun mengajar- kannya pada lain orang.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s