Bab 20″ KETIKA YESUS KEMBALI UNTUK KEDATANGANNYA YANG KEDUA KALI”


©Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kema- tian TUHAN SAMPAI IA DATANG KEM- BALIª (1 Kor 11:26).”

A. JANJI KEDATANGANNYA KEMBALI”

Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua ka- linya ke dalam dunia adalah salah satu pokok yang paling penting bagi orang-orang Kristen. Para penulis Kitab Perjanjian Baru telah membicarakannya lebih dari 300 kali dan bah- wa yang digunakan hampir selalu bernadakan bahwa hal itu adalah sangat penting.”

Yang terutama perlu kita ketahui adalah bahwa kedatanganNya yang kedua adalah PASTI !”

1.” Yesus Berbicara Tentang Kedatang- anNya Kembali”

©Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNyaª (Mat 24:30). Lihat juga Yohanes 14:2,3.”

2. Malaikat-Malaikat MenguatkanNya”

©Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan ber- kata kepada mereka : ªHai orang Galilea, me- ngapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke surga meninggal- kan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke Surga” (Kis 1:10,11).”

3.” Hal Kedatangan-Nya Yang Kedua Itu Telah Dipakai Orang-orang Kristen Yang Pertama Untuk Saling Menguat- kan”

©Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangka- kala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu kita yang masih hidup yang masih tinggal, akan di- angkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demi- kianlah kita akan selama-lamanya bersama- sama dengan Tuhan. Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-per- kataan iniª (1 Tes 4:16-18). Lihat juga Wahyu 1:7.”

4.” Roh Kudus ber-Saksi Tentang Keda- tangan-Nya”

©Tetapi Allahlah yang justru mempersiap- kan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesu- atu yang telah disediakan bagi kitaª (2 Kor 5:5).”

©Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesung- guhnya petani menanti hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hu- jan musim gugur (hujan awal) dan hujan mu- sim semi (hujan akhir). Kamu juga harus ber- sabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!ª (Yak 5:7,8, Philips). Lihat juga Ibrani 10:37.”

B.” BAGAIMANAKAH YESUS DATANG KEMBALI ?”

1. Tidak Terduga”

©Tetapi tentang zaman dan masa, saudara- saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, ka- rena hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam, Apabila mereka mengatakan: ªSemua- nya damai dan aman”, maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan ….” (1 Tes 5:1-3). Ba- ca juga ayat-ayat 4-11.”

2. Seperti Kilat”

©Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke Barat, demikian pulalah kelak keda- tangan Anak Manusiaª (Mat 24:27). Lihat juga Lukas 17:24.”

3.” Dengan Cara Yang Sama Seperti Saat Ia Naik ke Surga”

©……. Yesus ini yang terangkat ke Sorga me- ninggalkan kamu, akan datang kembali, de- ngan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke Surgaª (Kis 1:10,11).”

4.” Dengan Kuasa Dan Kemuliaan Yang Besar”

©Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala ke- kuasaan dan kemuliaanNyaª (Luk 21:27).”

5.” Semua Orang Akan Melihat Kedatang- anNYA”

©Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia! Ya Aminª (Why 1:7).”

C.” KEJADIAN-KEJADIAN DRAMATIK YANG AKAN TERJADI.”

1.” Misteri Yang Telah Ada Selama Ber- abad-abad Akan Digenapi”

©….. Tidak akan ada penundaan lagi! Teta- pi pada waktu bunyi sangkakala dan malaikat yang ke tujuh, yaitu apabila ia meniup sangka- kalanya, maka genaplah keputusan rahasia Allah, seperti yang telah Ia beritakan kepada hamba-hambaNya, yaitu para nabiª (Why 10: 6,7). Lihat juga Roma 16:25-26.”

2.” Umat Allah Akan Masuk Dalam Ke- muliaan Mereka Yang Penuh”

©Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai juru selamat, yang mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga se- rupa dengan tubuhNya yang mulia, menurut kuasaNya yang dapat menaklukkan segala se- suatu kepada diriNyaª (Flp 3:20,21). Lihat ju- ga 1 Korintus 15:35-53.”

3.” Orang-orang Yang Mati dalam Kristus Akan Dibangkitkan Untuk Hidup”

©…. Karena kami tahu, bahwa Ia, yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan mem- bangkitkan kami bersama dengan Yesus. Dan Ia akan menghadapkan kami bersama-sama dengan kamu kepada diriNyaª (2 Kor 4:14). Lihat juga Yohanes 6:40 ;11:25.”

4.” Orang-orang Percaya Yang Masih Hi- dup Akan Diangkat Untuk Bertemu Dengan Dia”

©Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat- malaikatNya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengum- pulkan orang-orang pilihanNya dari keempat penjuru bumi; dari ujung yang satu ke ujung langit yang lainª (Mat 24:31).”

5.” Segala Makluk akan di-Bebaskan dari Perbudakan Mereka”

©Sebab dengan sangat rindu seluruh mak- luk menantikan saat anak-anak Allah dinyata- kan. Karena seluruh mahluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan, bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia, yang telah menaklukkannya, tetapi dalam pengharapan karena mahluk itu sendiri juga akan dimer- dekakan dari perbudakan kebinasaan dan ma- suk ke dalam kemerdakaan kemuliaan anak- anak Allahª (Rm 8:19-21). Lihat juga ayat 22 dan Yesaya 35:1-7.”

6. Semua Musuh Akan Dihancurkan”

©Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bila- mana Ia menyerahkan kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala peme- rintahan, kekuasaan dan kekuatan, karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuhNya di bawah kakiNyaª (1 Kor 15:24-25). Lihat juga 2 Tesalonika 1:7-10; 2-8.”

7. Setan Akan Dibelenggu”

©Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tanganNya, ia me- nangkap naga, si ular tua itu, yaitu iblis dan se- tan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lama- nyaª (Why 20:1,2). Baca juga ayat 3,7-10.”

8. Penghakiman Akan Dilaksanakan”

©Sebab memang adil bagi Allah untuk membalaskan penindasan kepada mereka yang menindas kamu dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas ….. pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menya- takan diriNya bersama-sama dengan malaikat- malaikatNya, dalam kuasaNya, di dalam Api yang bernyala-nyala.”

©Dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan ti- dak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita. Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan sela- ma-lamanya, dijauhkan dari hadirat Allah dan dari kemuliaan kekuatanNya …. ª ( 2 Tes 1:6-9).”

9.” Suatu Kerajaan Yang Tidak Akan Bi- nasa Akan di-Dirikan.”

©Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semes- ta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain : kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi ke- rajaan itu sendiri akan tetap untuk selama- lamanyaª (Dan 2:44). Lihat juga Wahyu 19: 15,16.”

IKRAR SAYA”

Kedatangan Yesus yang kedua kali ada- lah pengharapan saya yang besar untuk ma- sa depan. Saya akan memberitahu sebanyak mungkin orang tentang Yesus, Juru Selamat saya, sebelum Ia datang kembali. Saya mem- berikan diri saya kepada Dia dan menantikan dengan penuh sukacita akan hari pada saat Ia datang.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s