Bab 20″ KETIKA YESUS KEMBALI UNTUK KEDATANGANNYA YANG KEDUA KALI”


©Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kema- tian TUHAN SAMPAI IA DATANG KEM- BALIª (1 Kor 11:26).”

A. JANJI KEDATANGANNYA KEMBALI”

Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua ka- linya ke dalam dunia adalah salah satu pokok yang paling penting bagi orang-orang Kristen. Para penulis Kitab Perjanjian Baru telah membicarakannya lebih dari 300 kali dan bah- wa yang digunakan hampir selalu bernadakan bahwa hal itu adalah sangat penting.”

Yang terutama perlu kita ketahui adalah bahwa kedatanganNya yang kedua adalah PASTI !”

1.” Yesus Berbicara Tentang Kedatang- anNya Kembali”

©Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNyaª (Mat 24:30). Lihat juga Yohanes 14:2,3.”

2. Malaikat-Malaikat MenguatkanNya”

©Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan ber- kata kepada mereka : ªHai orang Galilea, me- ngapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke surga meninggal- kan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke Surga” (Kis 1:10,11).”

3.” Hal Kedatangan-Nya Yang Kedua Itu Telah Dipakai Orang-orang Kristen Yang Pertama Untuk Saling Menguat- kan”

©Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangka- kala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu kita yang masih hidup yang masih tinggal, akan di- angkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demi- kianlah kita akan selama-lamanya bersama- sama dengan Tuhan. Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-per- kataan iniª (1 Tes 4:16-18). Lihat juga Wahyu 1:7.”

4.” Roh Kudus ber-Saksi Tentang Keda- tangan-Nya”

©Tetapi Allahlah yang justru mempersiap- kan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesu- atu yang telah disediakan bagi kitaª (2 Kor 5:5).”

©Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesung- guhnya petani menanti hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hu- jan musim gugur (hujan awal) dan hujan mu- sim semi (hujan akhir). Kamu juga harus ber- sabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!ª (Yak 5:7,8, Philips). Lihat juga Ibrani 10:37.”

B.” BAGAIMANAKAH YESUS DATANG KEMBALI ?”

1. Tidak Terduga”

©Tetapi tentang zaman dan masa, saudara- saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, ka- rena hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam, Apabila mereka mengatakan: ªSemua- nya damai dan aman”, maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan ….” (1 Tes 5:1-3). Ba- ca juga ayat-ayat 4-11.”

2. Seperti Kilat”

©Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke Barat, demikian pulalah kelak keda- tangan Anak Manusiaª (Mat 24:27). Lihat juga Lukas 17:24.”

3.” Dengan Cara Yang Sama Seperti Saat Ia Naik ke Surga”

©……. Yesus ini yang terangkat ke Sorga me- ninggalkan kamu, akan datang kembali, de- ngan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke Surgaª (Kis 1:10,11).”

4.” Dengan Kuasa Dan Kemuliaan Yang Besar”

©Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala ke- kuasaan dan kemuliaanNyaª (Luk 21:27).”

5.” Semua Orang Akan Melihat Kedatang- anNYA”

©Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia! Ya Aminª (Why 1:7).”

C.” KEJADIAN-KEJADIAN DRAMATIK YANG AKAN TERJADI.”

1.” Misteri Yang Telah Ada Selama Ber- abad-abad Akan Digenapi”

©….. Tidak akan ada penundaan lagi! Teta- pi pada waktu bunyi sangkakala dan malaikat yang ke tujuh, yaitu apabila ia meniup sangka- kalanya, maka genaplah keputusan rahasia Allah, seperti yang telah Ia beritakan kepada hamba-hambaNya, yaitu para nabiª (Why 10: 6,7). Lihat juga Roma 16:25-26.”

2.” Umat Allah Akan Masuk Dalam Ke- muliaan Mereka Yang Penuh”

©Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai juru selamat, yang mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga se- rupa dengan tubuhNya yang mulia, menurut kuasaNya yang dapat menaklukkan segala se- suatu kepada diriNyaª (Flp 3:20,21). Lihat ju- ga 1 Korintus 15:35-53.”

3.” Orang-orang Yang Mati dalam Kristus Akan Dibangkitkan Untuk Hidup”

©…. Karena kami tahu, bahwa Ia, yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan mem- bangkitkan kami bersama dengan Yesus. Dan Ia akan menghadapkan kami bersama-sama dengan kamu kepada diriNyaª (2 Kor 4:14). Lihat juga Yohanes 6:40 ;11:25.”

4.” Orang-orang Percaya Yang Masih Hi- dup Akan Diangkat Untuk Bertemu Dengan Dia”

©Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat- malaikatNya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengum- pulkan orang-orang pilihanNya dari keempat penjuru bumi; dari ujung yang satu ke ujung langit yang lainª (Mat 24:31).”

5.” Segala Makluk akan di-Bebaskan dari Perbudakan Mereka”

©Sebab dengan sangat rindu seluruh mak- luk menantikan saat anak-anak Allah dinyata- kan. Karena seluruh mahluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan, bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia, yang telah menaklukkannya, tetapi dalam pengharapan karena mahluk itu sendiri juga akan dimer- dekakan dari perbudakan kebinasaan dan ma- suk ke dalam kemerdakaan kemuliaan anak- anak Allahª (Rm 8:19-21). Lihat juga ayat 22 dan Yesaya 35:1-7.”

6. Semua Musuh Akan Dihancurkan”

©Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bila- mana Ia menyerahkan kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala peme- rintahan, kekuasaan dan kekuatan, karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuhNya di bawah kakiNyaª (1 Kor 15:24-25). Lihat juga 2 Tesalonika 1:7-10; 2-8.”

7. Setan Akan Dibelenggu”

©Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tanganNya, ia me- nangkap naga, si ular tua itu, yaitu iblis dan se- tan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lama- nyaª (Why 20:1,2). Baca juga ayat 3,7-10.”

8. Penghakiman Akan Dilaksanakan”

©Sebab memang adil bagi Allah untuk membalaskan penindasan kepada mereka yang menindas kamu dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas ….. pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menya- takan diriNya bersama-sama dengan malaikat- malaikatNya, dalam kuasaNya, di dalam Api yang bernyala-nyala.”

©Dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan ti- dak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita. Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan sela- ma-lamanya, dijauhkan dari hadirat Allah dan dari kemuliaan kekuatanNya …. ª ( 2 Tes 1:6-9).”

9.” Suatu Kerajaan Yang Tidak Akan Bi- nasa Akan di-Dirikan.”

©Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semes- ta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain : kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi ke- rajaan itu sendiri akan tetap untuk selama- lamanyaª (Dan 2:44). Lihat juga Wahyu 19: 15,16.”

IKRAR SAYA”

Kedatangan Yesus yang kedua kali ada- lah pengharapan saya yang besar untuk ma- sa depan. Saya akan memberitahu sebanyak mungkin orang tentang Yesus, Juru Selamat saya, sebelum Ia datang kembali. Saya mem- berikan diri saya kepada Dia dan menantikan dengan penuh sukacita akan hari pada saat Ia datang.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s