Bab 21″ PANGGILAN TUHAN”


Allah mempunyai rencana untuk setiap o- rang yang percaya dalam Tuhan Yesus Kristus. PanggilanNya itu tidak hanya berkaitan de- ngan suatu tujuan yang indah bagi kita setelah mencapai kekekalan, tetapi saat inipun kita juga mendapat panggilan seperti itu.”

©Dialah yang menyelamatkan kita dan ME- MANGGIL kita dengan panggilan kudus ….. berdasarkan maksud dan kasih karuniaNya sendiri …ª (2 Tim 1:9).

©Dan jika kita anak, maka kita juga adalah ahli waris maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan meneri- manya bersama-sama dengan Kristus …. kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja da- lam segala sesuatu untuk mendatangkan keba- ikan bagi mereka YANG TERPANGGIL SE- SUAI DENGAN RENCANA ALLAHª (Rm 8:17,28). Lihat juga ayat-ayat 29,30.”

A. ALLAH TELAH MEMANGGIL KITA”

1. Sejak Dunia Dijadikan”

©Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita ku- dus dan tak bercacat di hadapanNya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula o- leh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak- Nya, sesuai dengan kerelaan kehendakNyaª (Ef 1:4-5). Lihat juga 2:10 dan Matius 25:34.”

2. Untuk di-Sendirikan Bagi Dia”

©Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, ima- mat yang rajani, bangsa yang kudus, umat ke- punyaan Allah sendiri, supaya kamu membe- ritakan perbuatan-perbuatan yang besar bagi Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terangNya yang ajaibª (1 Ptr 2:9). Lihat juga Roma 9:23-26.”

3. Untuk Menggenapi TujuanNYA”

©Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita …. yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bu- kan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karuniaNya sendiri …ª (2 Tim 1:8,9). Lihat juga Roma 8:28, Filipi 3:14.”

B. PANGGILAN KITA DI BUMI”

©Dari Paulus, hamba (budak) Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan diku- duskan untuk memberitkan Injil Allahª (Rm 1:1).”

Dalam menggambarkan pelayanannya sendiri, rasul Paulus memberikan kita teladan bahwa panggilan pada SETIAP orang per- caya, itu mempunyai 3 aspek.”

1.” Panggilan Umum – ©Hamba Dari Kristusª”

Yesus telah membayar dengan harga yang mahal untuk kita ialah dengan hidupNya sen- diri.”

©Sebab seorang hamba yang dipanggil oleh Tuhan dalam pelayananNya, adalah orang be- bas, milik Tuhan. Demikian pula orang bebas yang dipanggil Kristus, adalah hambaNya. Ka- mu telah dibeli dan harganya telah lunas diba- yar….!!!ª (1 Kor 7:22,23). Lihat juga 1 Korintus 6:19-20.”

Ketika Paulus menyebut dirinya sendiri sebagai hamba (budak) dari Yesus Kristus, dia menunjukkan arti yang lebih mendalam. Me- nurut tradisi pada jamannya, jika tiba waktu- nya seorang budak dapat bebas, tetapi karena kasihnya pada tuannya, memilih untuk tidak menerima kebebasannya, ia akan menerima sebuah tanda lubang di telinganya. Tanda ini menunjukkan bahwa ia adalah ©Budak Kasihª; yang mengabdi pada tuannya untuk selama- nya (Kel 21:5,6; Ulangan 15:16,17). Rasul Paulus tetah memilih jalan hidupnya dengan menyatakan dirinya sendiri sebagai budak- kasih dari Tuhan Yesus.”

2.” Panggilan Khusus – ©Dipanggil Seba- gai Rasulª”

Seperti Rasul Paulus mendapatkan pang- gilan khusus dalam hidupnya, begitu juga be- berapa orang yang percaya. Paulus dipanggil untuk menjadi seorang rasul, tapi ada banyak panggilan yang berbeda dalam Tubuh Kristus. Lihat Roma 12 : 3-8, Efesus 4:7-16. Panggilan Khusus yang Tuhan berikan untuk kita laku- kan, akan dinyatakan pada kita pada saat kita mencari dengan sungguh-sungguh kehendak- NYA.”

3.” Panggilan Tertentu – ©Disendirikan Demi Injilª”

Di dalam tiap panggilan khusus ada pang- gilan yang tertentu. Sebagai contohnya, Petrus dan Paulus kedua-duanya adalah rasul- rasul, tetapi Petrus adalah rasul bagi orang Yahudi. Sedangkan Paulus adalah bagi bangsa-bangsa kafir. Lihat Roma 11:13; 1 Timotius 2:7; 1 Korintus 12:4-11.”

Kita baru akan mendapatkan panggilan khusus dan panggilan tertentu pada saat kita membuktikan bahwa kita adalah ©hamba- hamba (budak-budak) kasihª, karena perta- ma-tama kita harus terlebih dahulu belajar untuk sepenuhnya berada di bawah wewe- nang dari Kristus sebelum kita dapat DI- UTUS oleh-NYA. Lihat Matius 28:18, 19.”

C. MENGAPA DIA MEMANGGIL KITA?”

1.” Karena Dunia Ini Berada Dalam Ke- gelapan”

©Kita tahu bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia sekitar kita berada di bawah kuasa si jahatª (1 Yoh 5:19, Philips) Lihat juga Efesus 6:17 dan Kolose 1:13.”

2.” Karena Banyak Orang Lapar dan Da- lam Keadaan Membutuhkan”

©Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, kare- na mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembalaª (Mat 9:36).”

3. Untuk Membuktikan HikmatNYA”

©Supaya sekarang oleh jemaat diberitahu- kan pelbagai ragam hikmat Allah kepada pe- merintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di Sorga, sesuai dengan maksud abadi, yang te- lah dilaksanakan dalam Kristus Yesus, Tuhan kitaª (Ef 3:10,11).”

4. Karena Waktunya Sangat Singkat”

©Bukankah kamu mengatakan : empat bu- lan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu : lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah mengu- ning dan matang untuk dituai!ª (Yoh 4:35). Li- hat juga Yohanes 9:4.”

D.” APA YANG TERJADI KETIKA KITA DIPANGGIL?”

1. Kita Dibentuk Oleh Dia”

©Yesus berkata kepada mereka : ‘Mari ikut- lah Aku, dan kamu AKAN KUJADIKAN pen- jala manusia’ª (Mat 4:19). Lihat juga Yeremia 18:1-10.”

2. Kita Diajar Oleh Dia”

©Tetapi penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepa- damu dan akan mengingatkan kamu akan se- mua yang telah Kukatakan kepadamuª (Yoh 14:26). Lihat juga 1 Kor 2:12 ; 1 Yoh.2:27.”

3. Kita Diutus Oleh Dia”

©Sama seperti Engkau telah mengutus Aku, kedalam dunia demikian pula Aku telah me- ngutus mereka ke dalam duniaª (Yoh 17:18). Lihat juga Mark.16:15.”

Ketika Allah memanggil, Ia datang dan mengubah cara hidup kita. Beberapa contoh dalam Alkitab tentang hal ini adalah :”

Musa (seorang gembala di padang belan- tara) : ©Pergi, bebaskan umatKuª (Kel 3:1-12).”

Samuel (seorang anak laki-laki yang mela- yani di Bait Allah) : ©Bangunlah, dan berbicara untukKuª (1 Sam 3:1-19).”

Yehezkiel (seorang tawanan di negeri asing) : ©Berdirilah, Aku mengutus engkau ª (Yeh 2:1-7).”

Murid-murid (pedagang, nelayan) : ©Mari, ikutlah Akuª (Luk 5:27,28 ; Mat 4: 18-22).”

Saulus (seorang musuh gereja) : ©Pergi, Aku akan memberitahukan kepadamu kepa- damu apa yang harus kamu perbuatª (Kis 9:1- 9).”

IKRAR SAYA”

Sekarang saya menyadari bahwa Allah te- lah mempunyai rencana untuk hidup saya se- jak sebelum dunia dijadikan, saya sekarang menyerahkan diri sepenuhnya untuk renca- na ini dan akan mengikuti TUHAN sepan- jang masa. Saya akan mengajar orang-orang lain juga tentang panggilan Allah bagi ke- hidupan mereka. “

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s