Bab 4″ YESUS”


APA YANG DIAJARKAN KITAB PERJANJIAN BARU”

A. YESUS ADALAH ANAK ALLAH”

Dua ribu tahun yang lalu seorang manusia muncul dari permukaan sejarah. Ia dilahirkan kedalam dunia dan dibesarkan sebagai seo- rang manusia sama seperti manusia-manusia yang lain, tetapi orang ini berbeda dengan siapapun. Dia bukanlah orang biasa.”

Seorang perawan telah mengandung oleh Roh Kudus untuk melahirkan Dia ke dunia ini. Ia adalah Allah sendiri, yang datang ke dunia dengan wujud seorang manusia. Ia ada- lah ©Anak Allahª (Luk 1:26- 35).”

©Pada mulanya adalah Firman (Yesus), dan Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah …. Firman itu te- lah manjadi manusia, dan diam di anatara kita dan kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai Anak tunggal Bapa penuh kasih karunia dan kebenaranª (Yoh 1 :1,14).”

B.”YESUS DATANG KE DALAM DUNIA UNTUK SUATU MAKSUD KHUSUS”

1.”Untuk Menyelamatkan Manusia Dari Kekuasaan Setan”

©Sebab Anak manusia datang untuk men- cari dan menyelamatkan yang hilangª (Luk 19:10). Lihat juga Kolose 1:13.”

2.”Untuk Memberikan Nyawanya men- jadi Tebusan bagi Banyak Orang “

© …… Anak manusia datang bukan untuk di- layani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orangª (Mat 20 : 28).”

3.”Untuk Menghancurkan Pekerjaan Setan dalam Kehidupan Kita”

©Barangsiapa yang tetap berbuat dosa, ber- asal dari iblis, sebab iblis berbuat dosa dari mu- lanya.”

©Untuk inilah Allah menyatakan diriNya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-per- buatan iblis ituª (1 Yoh 3:8).”

4.”Untuk Memberi Kita Kehidupan yang Kekal”

©Dan inilah kesaksian itu : Allah telah me- ngaruniakan hidup yang kekal kepada kepada kita, dan hidup itu ada didalam anakNya.”

©Barangsiapa memiliki Anak ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia ti- dak memiliki hidupª (1 Yoh 5:11,12). Lihat ju- ga Yoh 3:16,17 dan Yoh 10 : 10.”

5.”Untuk Memberi Kami ©Kelahiran Ba- ruª Didalam Keluarga Allah “

©Tetapi semua orang yang menerimaNya di- beriNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, orang-orang yang diperanakkan bukan dari da- rah atau daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allahª (Yoh 1 : 12). Lihat juga I Yoh 3:1,2.”

6.”Untuk Memulihkan Persekutuan Kita dengan Allah Bapa”

©Apa yang telah kami lihat dan yang kami dengar itu kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu beroleh persekutuan dengan ka- mi. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan anakNya, Yesus Kristusª (I Yoh 1:3).”

C.”YESUS DATANG UNTUK MENUNJUK- KAN PADA KITA BAGAIMANAKAH ALLAH ITU”

©Sekiranya kamu mengenal Aku (Yesus), pasti kamu juga mengenal BapaKu. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah meli- hat Dia ….. barang siapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; Bagaimana engkau berka- ta : Tunjukkan Bapa itu kepada kami ?ª”

©Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku ? Apa yang Aku katakan kepadamu tidak Aku kata- kan dari diriKu sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan peker- jaanNya. Percayalah kepadaKu, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku ….ª (Yoh 14:7-11). Lihat juga Yoh 1:18.”

1.”Ia Menunjukkan pada Kita Kasih Allah.”

©Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan ditengah-tengah kita yaitu Allah telah mengu- tus anakNya yang tunggal ke dalam dunia, su- paya kita hidup olehNya.”

©Inilah kasih itu : bukan kita yang telah me- ngasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus anakNya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kitaª (I Yoh 4:9, 10). Lihat juga Roma 5:8.”

2.“Dia Menunjukkan pada Kita Kuasa Allah”

a. Dia menyembuhkan orang sakit, o- rang lumpuh dan orang buta. ©Maka tersiar- lah berita tentang Dia di seluruh Siria, dan di- bawalah kepadaNya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan setan, yang sakit ayan dan lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan merekaª (Mat 4:24). Lihat juga Yohanes 9 :1-7″

b. Dia mengusir roh-roh jahat. ©Ia me- nyembuhkan orang yang menderita bermacam- macam penyakit dan mengusir banyak setan; Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu ber- bicara, sebab mereka mengenal Diaª (Mar 1: 34). Lihat juga Markus 5 : 1-17.”

c. Dia mengadakan banyak mujizat. ©Lalu mengamuklah taufan yang sangat dasyat dan ombak menyembur masuk ke dalam pera- hu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air ….. (Yesus) bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu : ªDiam! tenanglah!””

©Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali …. (murid-muridNya) menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain :”

©Siapakah gerangan orang ini, sehingga ang- in dan danaupun taat kepadaNya ?!ª (Mar 4:37-41). Lihat juga Yohanes 6:1-21.”

d. Dia membangkitkan orang mati. ©Berserulah Yesus dengan suara keras : ‘Laza- rus, marilah keluar!’ Orang yang telah mati itu datang keluar, kaki dan tangannya masih ter- ikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh.”

©Kata Yesus kepada mereka : ‘Bukalah ka- in-kain itu dan biarkan dia pergi!!’ª (Yoh 11: 43,44).”

D.”YESUS IKUT MENANGGUNG KE- SENGSARAAN KITA DIDALAM KEHI- DUPANNYA”

Selama hidupNya di atas bumi ini Yesus mengalami semua kesengsaraan di dalam hi- dup ini yang kami hadapi, karena itu Ia sangat mengerti apa yang kita rasakan itu.”

©Sebab imam besar yang kita punya, bukan- lah imam besar yang tidak dapat turut merasa- kan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sa- ma dengan kita, Ia telah dicobai hanya tidak berbuat dosaª (Ibr 4:15). Lihat juga Matius 8: 17.”

E.”YESUS MATI DIATAS SALIB UNTUK KITA”

Orang-orang jahat telah membawa Tuhan Yesus dan menghukumNya dengan memaku- kanNya pada sebuah kayu salib sebagai seo- rang pembunuh. Ia sebenarnya dapat menye- lamatkan diriNya sendiri, tetapi Ia tidak mela- kukannya, karena justru melalui kematianNya di atas salib itu Allah menyelamatkan dunia ini. Yesus mati untuk kita! (baca Markus 15: 16-39).”

©Ia sendiri telah memikul dosa kita di da- lam tubuhNya di kayu salib supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebe- naran. Oleh bilur-bilurNya kamu telah sem- buhª (I Ptr 2:24). Lihat juga Yesaya 53:5,6.”

F.”YESUS BANGKIT DARI KEMATIAN UNTUK KITA”

Setelah tiga hari di dalam kubur Allah membangkitkan putraNya dari kematian. (Baca Matius 28). Inipun juga adalah untuk kita!”

©Tetapi Allah yang kaya dengan rakhmat, oleh karena kasihNya yang besar, yang dilim- pahkanNya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus ….. Allah telah membangkitkan kita juga dengan mem- berikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga ……ª (Ef 2:4-6). Lihat juga Roma 6:4.

G.”YESUS MEMBUKAKAN PINTU SOR- GA BAGI KITA”

Ketika pekerjaanNya di atas bumi ini telah selesai, Yesus kembali ke sorga untuk ber- sama dengan Allah, BapaNya. Namun inipun untuk kita ….. untuk membukakan jalan me- masuki hadirat Allah untuk kita, dimana kita bisa hidup sekarang dan selama-lamanya !”

©Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, karena Ia telah mem- buka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diriNya sendiri ……”

©Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus iklas dan keyakinan iman yang teguh …..ª (Ibr 10 :19-22). Lihat juga Yohanes 14:1-3.”

IKRAR SAYA”

Hari ini saya mengakui bahwa Yesus ada- lah anak Allah dan bahwa Ia datang ke dunia ini untuk memenuhi kebutuhan saya yang be- sar sebagai seorang penyelamat. Saya juga mau memberitakan pada yang lain bahwa Ia datang juga untuk mereka.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s