Bab 5″ SALIB”


Ketika Yesus Kristus dihukum mati de- ngan menyalibkanNya diatas kayu salib orang- orang jahat berpikir bahwa mereka hanyalah menghukum mati orang yang telah meng- ganggu jalan hidup mereka. Mereka tidak me- nyadari bahwa salib adalah rencana Allah se- jak dari permulaan dunia ini.”

A.”ALLAH MENANGANI SEMUA DOSA”

Melalui kematian anakNya di kayu salib, Allah pencipta Agung itu menangani setiap dosa manusia, tiap penderitaan dan kesedih- an mereka. Yesus mati mengganti setiap o- rang di dunia dan dengan menerima apa yang dilakukanNya diatas salib, semua kebutuhan kita akan terpenuhi.”

1.”Allah Memperlihatkan Kuasanya Melalui Salib”

©Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan bi- nasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pem- beritaan itu adalah kekuatan Allahª (1 Kor 1: 18). Lihat juga 1 Yohanes 2:1,2.”

2.”Karena Salib Kami Menerima Pe- ngampunan”

©Ia telah melepaskan kita dari kuasa kege- lapan dan memindahkan kita ke dalam kera- jaan anakNya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosaª (Kol 1:13,14). Lihat juga 1 Yohanes 2:1, 2.”

3.”Karena Salib Kami menjadi Anggota Keluarga Allah”

©Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka berasal dari satu; itu- lah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara, katanya : ‘Aku akan memberitakan namaMu kepada saudara-saudaraKu, dan me- muji-muji Engkau di tengah-tengah jemaat’ª (Ibr 2:11, 12). Lihat juga Yohanes 1:12.”

4.”Karena Salib Tembok-tembok Pemi- sah Dirobohkan “

©Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus ka- mi, yang dahulu ªJauh”, sudah menjadi ©dekatª oleh darah Kristus. Karena Dialah damai se- jahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merobohkan tembok pe- misah, yaitu perseteruan sebab dengan mati- Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan Hukum Taurat dan segala perintah dan keten- tuanNya, untuk menciptakan keduanya menja- di manusia baru di dalam diriNya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tu- buh, dengan Allah oleh salib, dengan mele- nyapkan perseteruan pada salib itu” (Ef 2:13-16).”

C.”MELALUI SALIB KAMI MENDAPAT- KAN KEBEBASAN”

Kematian Yesus di atas salib adalah keme- nangan yang besar bagi kita karena Allah te- lah menanggung dosa kita di atas salib. Hal itu berarti juga bahwa semua penderitaan dan se- mua kesusahan yang dihasilkan oleh dosa itu telah ditanggungNya. Salib telah memenang- kan kebebasan bagi kami semua!”

1. Kebebasan Dari Setan”

©Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan me- reka tontonan umum dalam kemenanganNya atas merekaª (Kol 2:15). Lihat juga Kolose 1:13.”

2. Kebebasan Dari Dosa-dosa Masa Lalu”

©Jadi apabila Anak itu memerdekakan ka- mu, kamupun benar-benar merdeka ª (Yoh 8: 36). Lihat juga Kolose 2 : 13.”

3.”Kebebasan Dari Dosa-dosa Masa Se- karang”

© Sebab kamu tidak lagi akan dikuasai oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hu- kum taurat, tetapi di bawah kasih karunia ª (Rm 6:14).”

4. Kebebasan Dari Penyakit”

©Hal itu terjadi supaya genaplah Firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya : ‘Dialah yang memikul kelemahan kita dan menang- gung penyakit kita ‘ ª (Mat 8:17).”

5. Kebebasan Dari Kutukan”

©Kristus telah menebus kita dari kutuk-ku- tuk hukum taurat dengan jalan menjadi kutuk bagi kita sebab ada tertulis : ‘Terkutuklah orang yang tergantung pada kayu salib!’ª (Gal 3:13). Lihat juga Ulangan 28:15-68.”

6. Kebebasan Dari Hukuman”

©Sebab jika demikian Ia harus berulang- ulang menderita sejak dunia ini dijadikan teta- pi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diriNya pada jaman akhir untuk menghapus- kan dosa oleh korbanNya. Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja dan sesudah itu dihakimi ª (Ibr 9: 29,27).”

7. Kebebasan dari Kematian yang Kekal”

©Karena begitu besar kasih Allah akan du- nia ini, sehingga Ia mengaruniakan anakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang perca- ya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekalª (Yoh 3:16).”

D.”KASIH DAN KEADILAN BERTEMU DI SALIB”

Salib adalah tempat di mana kasih Allah dan keadilan Allah bertemu. KeadilanNya yang benar menuntut hukuman mati untuk dosa – penumpahan darah. KasihNya juga me- menuhi tuntutanNya sendiri dan Yesus, Anak Allah mati menggantikan tempat kita.”

©Akan tetapi Allah menunjukkan kasihNya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati un- tuk kita, ketika kita masih berdosa. Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh da- rahNya, kita pasti akan diselamatkan dari mur- ka Allah. Sebab kita jikalau kita masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian anakNya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan pasti akan diselamatkan oleh hidupNya!”

©Dan bukan hanya itu saja ! kita malah ber- megah dalam Allah oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, sebab oleh Dia kita telah menerima pen- damaian ituª (Rm 5:8-11).”

E.”SALIB ADALAH PUSAT DARI SEJA- RAH”

Salib Kristus adalah titik pusat keberada- an manusia di bumi ini. Sejak pertama manu- sia laki-laki dan perempuan berdosa (lihat Kejadian 3), Allah telah merencanakan sebe- lumnya bahwa Yesus akan mati di atas salib.”

Sejak saat itu juga orang-orang mengha- rapkan dalam iman akan janji Allah untuk me- nyelamatkan mereka melalui salib. Hari ini kami melihat ke belakang kembali dan dengan mempercayai apa yang Yesus telah lakukan bagi kita di atas salib kami menerima pengam- punan dosa dan kehidupan yang baru.”

IKRAR SAYA”

Hari ini saya meletakkan seluruh peng- harapan saya untuk rencana Allah bagiku ke- tika Yesus mati di atas salib. Saya percaya Dia telah mengambil hukuman-hukuman karena dosa saya. Saya menerima pengampunan yang telah ditawarkan Allah untuk saya dan saya berterima kasih padaNya untuk perse- kutuan yang diberikan kepadaku bersama Dia. Hari ini saya membuat keputusan bah- wa saya akan hidup setiap hari dengan perse- kutuan pribadi bersama Allah dan saya ber- ikrar untuk membagikan kebenaran ini de- ngan orang-orang lain.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s