Bab 6″ DARAH KRISTUS”


Penumpahan darah Yesus Kristus di atas salib adalah suatu faktor bagi kita untuk me- nerima pengampunan dari dosa-dosa kami dan memungkinkan kami untuk masuk dalam hadirat dari Allah.”

©…. dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunanª (Ibr 9:22).”

A.”DI DALAM DARAH ADA KEHIDUPAN”

©Karena nyawa mahluk ada di dalam da- rahnya dan Aku telah memberikan darah itu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawaª (Im 17:11).”

Pada saat kami berbuat dosa, kami men- dapatkan hukuman kematian. ©Upah dosa adalah mautª (Rm 6:23). Yesus membayar hukuman ini bagi kita dengan menumpahkan darahnya (mati bagi kita untuk mengganti tempat kita).”

Perdamaian yang bahasa Inggrisnya ato- nement tersusun dari suku-suku kata : at-one- ment yang berarti menjadi satu dengan Allah, atau berdamai dengan Allah. Yesus membe- rikan kehidupanNya (menumpahkan darah- Nya) di atas salib untuk pendamaian kita dan hal ini memungkinkan kita untuk menjadi satu dengan Allah. Darah Yesus memberikan kita arti bahwa kita bukan lagi musuh-musuhNya, tetapi sahabat-sahabatNya, putera-putera- Nya dan puteri-puteriNya. Dengan iman kita menerima apa yang telah dilakukan untuk kita.”

B.”BAGAIMANA AKIBAT DOSA ATAS KE- HIDUPAN KITA”

1. Memisahkan Kita Dari Allah”

©Tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar ialah segala dosamuª (Yes 59:2)”

2. Membuat Kita Merasa Bersalah”

©Sebab kesalahanku telah menimpa kepa- laku; semuanya seperti beban berat yang terlalu berat bagikuª (Mzm 38:5).”

3. Membuat Setan Mendakwa Kita”

© … pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadap- an Allah kita …..ª (Why 12:10).”

4. Menuntut Hukuman Mati”

©……. dan orang yang berbuat dosa, itu ha- rus matiª (Yeh 18:4).”

Darah Kristus telah memenuhi semua ke- butuhan kita :”

C. DARAH ADALAH UNTUK ALLAH”

Darah dari Kristus telah dengan sempur- nanya memenuhkan hukum Allah yang me- minta hukuman untuk semua yang melanggar dosa. 1 Yohanes 3:4 berkata ©Dosa adalah pe- langgaran hukum Allah.ª”

Darah melindungi kita dari hukuman pe- langgaran dosa (kematian).”

Dalam Keluaran 12, Allah memerintah- kan bangsa Isarel untuk melaburkan darah dari anak domba di atas ambang pintu rumah mereka untuk melindungi mereka dari malai- kat maut-yang akan membunuh anak-anak su- lung.”

Anak domba ini menggambarkan Anak Domba – Yesus – yang akan datang kemudian. Allah berkata, ©….. Apabila Aku melihat darah itu maka Aku akan lewat daripada kamu (me- lindungi) kamu … ª (ayat 13).”

1. Persekutuan Akan Dipulihkan”

©Akan tetapi Allah menunjukkan kasihNya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati un- tuk kita, ketika kita masih berdosa. Lebih-lebih karena kita sekarang telah dibenarkan dengan darahNya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allahª (Rm 5:8,9).”

2.”Kita Akan Ditebus (dibeli kembali da- ri perhambaan)”

©Sebab Dia dan di dalam darahNya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karuniaNyaª (Ef 1:7).”

D.”DARAH ADALAH UNTUK MANUSIA”

Darah telah memuaskan Allah : sekarang darah itu juga memuaskan kita dalam mem- bersihkan hati nurani kita dari rasa bersalah.”

1.”Darah Membersihkan Kita Dari Rasa Bersalah”

©Betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri- Nya sendiri kepada Allah sebagai persembah- an yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidupª (Ibr 9:14).”

2. Darah itu Menyucikan Kita”

©Itu jugalah Yesus telah menderita diluar pintu gerbang, untuk menguduskan umatNya dengan darahNya sendiriª (Ibr 13:12).”

3.”Darah Itu Membawa Kita Dekat Pada Allah”

©… dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya baik yang ada di bumi maupun yang ada di Sorga, sesudah Ia mengadakan pendamainan oleh darah salib Kristus. Juga kamu yang dahulu hidup jauh da- ri Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatan- mu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian- Nya ….ª (Kol 1:20-22).”

4.”Darah Itu Memberikan Kita Kebera- nian Untuk Masuk Hadirat Allah”

©Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke tempat kudus, karena Ia telah membuka ja- lan baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diriNya sendiri, …. karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murniª (Ibr 10:19-22).”

5.”Darah Itu Menyempurnakan Kita Di- hadapan Allah”

©…. sebab oleh satu korban saja Ia telah me- nyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskanª (Ibr 10:14)”

E. DARAH TUHAN BAGI IBLIS”

Aktivitas setan yang paling strategis pada jaman ini ialah sebagai pendakwa-pendakwa saudara kita (Why 12:10) dan untuk inilah maka Allah menempatkan Yesus dalam suatu pelayanan yang amat khusus sebagai Imam Besar yang membawa darahNya sendiri (Ibr 9:11-14).”

1.”DarahNya Membawa Allah Pada Pi- hak Manusia Untuk Melawan Setan”

© …. Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? Kristus Yesus, yang telah mati – bahkan lebih lagi: telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah. Yang mau menjadi pembela (berdoa) untuk kita?ª (Rm 8:31,33,34).”

Iblis tidak mempunyai tempat untuk men- dakwa orang-orang yang telah menerima tum- pahan darah dari Kristus.”

2.”Darah Itu Menghancurkan Semua Hak Milik Yang Sah Daripada Setan”

© ….. di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosaª (Kol 1:14).”

‘Penebusan’ berarti ‘membeli kembali’. Kami sekarang mempunyai pemilik yang ba- ru, harganya telah dibayar bagi kita dan harga itu adalah tumpahan darah dari Yesus. ”

©….. jemaat Allah yang diperolehNya dengan darah anakNya sendiriª (Kis 20:28). Lihat juga 1 Korintus 6: 19,20 ; 1 Timotius 2:6.”

F.”APA YANG TELAH DIBAWA DARAH KRISTUS BAGI KITA”

1. Kemurnian Dari Hati”

©Tetapi jika kita hidup di dalam terang sa- ma seperti Dia ada di dalam terang, maka kita akan beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, anakNya itu, menyuci- kan kita dari segala dosaª (1 Yoh 1:7).”

2. Hidup Yang Kekal”

©Yesus berkata kepada mereka : ‘ Aku ber- kata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging anak manusia, dan minum darahNya, kamu tidak mempunyai hidup di dalamnya. Barang siapa makan dagingKu dan minum darahKu ia mempunyai hidup yang ke- kal dan Aku akan membangkitkan dia pada ak- hir jamanª (Yoh 6:53-54).”

3. Mendekat Pada Allah”

©Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus ka- mu, yang dahulu ‘jauh’, sudah menjadi ‘dekat’ oleh darah Kristusª (Ef 2:13).”

IKRAR SAYA”

Sekarang saya mengerti apa arti penum- pahan darah Kristus bagi Allah, bagi setan dan bagi saya. Saya berikrar untuk memba- gikan kebanaran ini yang berhubungan de- ngan darah Kristus. Saya selalu akan me- ngingatkan diri sendiri akan perjanjian Tuhan pada saya untuk mengampuni dosa saya, menyucikan saya dan melindungi saya dari gangguan setan.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s