Bab 7″ KEBANGKITAN”


Setelah kematianNya di atas salib, Yesus terbaring di dalam Kubur selama tiga hari (Mat 12:40). Kemudian Allah membangkit- kan puteraNya dari kematian! (baca Matius 28).”

©…. dan menurut Roh kekudusan dinyata- kan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang ber- kuasa, Yesus Kristus Tuhan kitaª (Rm 1:4).”

A.”ALLAH MEMBANGKITKAN ANDA BERSAMA DENGAN KRISTUS”

Kematian Yesus adalah untuk anda. Begi- tu pula kebangkitanNya!”

©Kamu dulu sudah mati karena pelanggar- an-pelanggaran dan dosa-dosamu. Kamu hi- dup di dalamnya karena kamu hidup di dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa ….”

©Tetapi Allah yang kaya dengan rakhmat oleh karena kasihNya yang besar yang dilim- pahkan kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita – oleh kasih karunia kamu diselamatkan. Dan di da- lam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di Sorgaª (Lihat Ef 2:1-6; Kol 3:1- 3).”

1.”Untuk Memberikan Anda Kehidupan Baru”

©…… Dialah yang telah menyelamatkan kita dan memanggilkan kita dengan panggilan ku- dus – bukan berdasarkan perbuatan kita, mela- inkan berdasarkan maksud dan kasih karunia- Nya sendiri.”

©Yang telah dikaruniakan kepada kita da- lam Kristus Yesus sebelum permulaan jaman dan yang sekarang dinyatakan oleh kedatangan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan mendat- angkan hidup yang tidak dapat binasaª (2 Tim 1:9,10).”

2. Untuk Memberi Anda Kelahiran Baru”

©Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmatNya yang be- sar telah melahirkan kita kembali oleh kebang- kitan Yesus Kristus, dari antara orang mati, ke- pada suatu hidup yang penuh dengan peng- harapan … ª (1 Ptr 1:3).”

3.”Untuk Memberi Anda Suatu Pemba- haruan”

©Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru : yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datangª (2 Kor 5:17).”

4. Untuk Memberi Anda :”

a. Kemenangan atas setan : ©Kamu berasal dari Allah, anak-anakKu, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada dalam dunia (setan) …. se- bab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang menga- lahkan dunia : Iman kita. Siapakah yang me- ngalahkan dunia, selain daripada dia yang per- caya bahwa Yesus adalah Anak Allah?ª (1 Yoh 4:4 ; 5:4,5). Lihat juga Kolose 2:13-15.”

b. Wibawa atas setan. Setelah kebang- kitanNya, © …… Yesus Kristus ….. yang duduk di sebelah kanan Allah setelah Ia naik ke Sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan di taklukkan kepadaNya (termasuk setan)ª (1 Ptr 3:21-22). Lihat juga Lukas 10:17-19.

c. Kuasa atas setan. ©Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapanan apakah yang terkan- dung dalam panggilannya; betapa kayanya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa- Nya bagi kita yang percaya, sesuai kekuatan ku- asaNya yang dikerjakanNya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan- Nya di Sorga, jauh lebih tinggi dari segala pe- merintah dan penguasa dan kekuasaan dan ke- rajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. Dan segala sesuatu telah diletakkanNya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikanNya kepada jemaat sebagai segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuhNya yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatuª (Ef 1:18-23). Lihat juga Markus 16:15-18, Kisah Rasul 1:8 dan 4:33.”

5.”Untuk Membuat Anda Anak Dan Ahli Waris Dalam Kerajaan Allah”

©Sebab kamu tidak menerima roh perbu- dakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang men- jadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru : ªYa Abba, Ya Bapa!” Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus ….. © (Rm 8:15-17).”

B.”KEBANGKITANNYA MEMENUHKAN SETIAP KEBUTUHAN DARI KEHI- DUPAN “

1.“KebangkitanNya Merupakan Penye- lamatan Bagi Anda Dari Masa Lam- pau”

Kehidupan anda yang penuh dosa telah di- matikan bersama Yesus di atas Salib, dan di- kuburkan bersama-sama dengan Dia.”

Kemudian ketika Yesus dibangkitkan dan hidup kembali. Kamu juga dibangkitkan men- jadi ciptaan yang baru, meninggalkan kehi- dupan anda yang lama di dalam kubur Yesus!”

©Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan da- lam kematian, supaya, sama seperti Kristus te- lah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hi- dup dalam hidup yang baru …. sebab kema- tianNya adalah kematian oleh sebab dosa, satu kali untuk selama-lamaNya dan kehidupan- Nya adalah kehidupan bagi Allah. Demikian- lah hendaknya kamu memandangnya : bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesusª (Rm 6:4-11). Lihat juga Efesus 2:1-7 dan Kolose 2:12-15.”

2.”KebangkitanNya Adalah Kekuatan Untuk Masa SEKARANG”

Karena Yesus HIDUP kami telah meneri- ma kuasa dari Roh KudusNya untuk hidup berkemenangan atas dosa dan semua serang- an setan terhadap kita.”

©Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita siapakah yang akan melawan kita? Ia, yang tidak menyayangkan anakNya sendiri, tetapi yang menyerahkan bagi kita semua bagaima- nakah mungkin Dia tidak mengaruniakan se- gala sesuatu kepada kita bersama-sama de- ngan Dia?”

©Siapakah yang akan menggugat orang- orang pilihan Allah ? Allah, yang membenar- kan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? Kristus Yesus, yang telah mati? Bah- kan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga du- duk di sebelah kanan Allah yang malah men- jadi pembela bagi kita?”

©Siapakah yang akan memisahkan kita da- ri kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau kete- lanjangan, atau bahaya, atau pedang?”

©Tidak, tetapi dalam semuanya itu kita le- bih daripada orang-orang yang menang oleh Dia yang telah mengasihi kita …… ª (Rm 8:31- 39).”

3.”KebangkitanNya Adalah Pengharap- an Anda Untuk MASA DEPAN”

Kebangkitan Yesus memberi kita peng- harapan yang besar untuk masa depan. Ia di- sebut sebagai ©yang sulung yang pertama bang- kit dari antara orang matiª (Kol 1:18). Melalui kebangkitanNya Ia membuka jalan untuk me- reka yang mau percaya padaNya untuk mengi- kuti Dia – juga untuk dibangkitkan dari kema- tian!”

Di suatu hari yang indah kelak Yesus Kristus akan kembali ke dunia – kali ini bukan sebagai seorang bayi tetapi sebagai seorang yang akan menyatakan pada seluruh dunia siapa Dia yang sebenarNya – Allah dan Raja yang mulia dari semua mahluk.”

Pada saat itu semua yang telah mati yang percaya padaNya akan dibangkitkan kembali!”

©….dan jika Kristus tidak dibangkitkan, ma- ka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu ma- sih hidup dalam dosamu, demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus. Ji- kalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.”

©Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus te- lah dibangkitkan dari antara orang mati, seba- gai yang sulung dari orang-orang yang telah me- ninggal.”

©Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkit- an orang mati datang karena satu orang manu- sia.”

©Karena sama seperti semua orang mati da- lam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya : Kristus sebagai bu- ah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milikNya pada waktu kedatanganNyaª (1 Kor 15:17-23) Lihat juga 1 Korintus 15:50-57 dan 1 Tesalonika 4:13-18.”

IKRAR SAYA”

Karena kebangkitan dari Kristus, hari ini saya membuat ikrar saya untuk menerima kepenuhan dari hidup saya yang baru dan ke- bebasan saya di dalam Dia. Saya akan berdiri teguh di atas kebenaran ini dan akan memba- gikannya bersama siapa saja sedapat mung- kin.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s