Bab 8″ PERTOBATAN”


Pertobatan adalah langkah pertama yang kita ambil untuk menerima keselamatan Allah yang ditawarkan Allah kepada kita melalui Tuhan Yesus Kristus.”

© …Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu menjadi Tuhan dan Kristusª ketika mereka mendengar hal itu, hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain, ©Apakah yang harus kami perbuat saudara-saudara?ª Jawab Petrus kepada mereka : ©Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampun- an dosamu, maka kamu akan menerima karu- nia Roh Kudusª (Kis 2:36-38). Lihat juga Kis 17:30.”

A.”HAL-HAL YANG TIDAK TERMASUK PERTOBATAN”

1. Bukan Hanya Merasa Bersalah”

Perasaan bersalah tentang dosa-dosa kita, kita rasakan sebelum pertobatan tetapi pera- saan itu bukanlah pertobatan itu sendiri. Seo- rang yang bertobat pertama-tama merasa ber- salah tentang dosa mereka tetapi tak semua yang merasa bersalah itu benar-benar ber- tobat.”

©Tetapi ketika Paulus berbicara tentang ke- benaran, penguasaan diri dan penghakiman yang akan datang, Felix menjadi takut dan ber- kata : ªCukuplah dahulu dan pergilah seka- rang; apabila ada kesempatan baik, aku akan menyuruh memanggil engkau” (Kis 24:25). Fe- lix merasa bersalah tetapi ia tidak bertobat.”

2.”Pertobatan Bukan Hanya Menyesal Atas Dosa-dosa Anda”

Beberapa orang merasa sangat menyesal karena akibat dosa-dosa mereka atau karena mereka telah ditangkap. Banyak orang me- nyesal bukan karena perbuatan salah mereka tetapi karena hukuman mereka, karena ter- tangkap itu.”

©Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa kese- lamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan ke- matianª (2 Kor 7:10).”

3.”Pertobatan Bukan Hanya Mencoba Untuk Menjadi Seorang Yang Baik”

Banyak orang mencoba dengan kekuatan mereka sendiri untuk menjadi baik dan meru- bah cara hidup mereka. Usaha apapun yang dilakukan sendiri itu mempunyai akar kebe- naran diri sendiri yang tak dapat memenuhi kebutuhan akan pertobatan dari dosa.”

©Demikianlah kami sekalian seperti seo- rang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor; kami sekalian menjadi layu seperti daun dan kami lenyap oleh kejahatan kamu se- perti daun dilenyapkan oleh anginª (Yes 64:6).”

4.”Pertobatan Bukannya Menjadi Seo- rang Agamiwi”

Orang-orang Parisi di Alkitab terlalu ro- hani di dalam tindak-tanduk ataupun apa yang mereka lakukan. Mereka berpuasa dan berdoa dan mereka melakukan upacara-upa- cara keagamaan tetapi mereka tidak pernah bertobat.”

©Tetapi waktu Ia melihat banyak orang Pa- risi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah Ia kepada mereka : ªHai kamu ketu- runan ular beludak! Siapakah yang mengata- kan kepada kamu bahwa kamu dapat melari- kan diri dari murka yang akan datang? Jadi ha- silkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.””

©Dan janganlah mengira, bahwa kamu da- pat berkata dalam hatimu : ‘Abraham adalah bapak kami!’ Karena Aku berkata kepadamu; Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abra- ham dari batu-batu ini! Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam apiª (Mat 3:7-10). Lihat juga Matius 5:20.”

5.”Pertobatan Bukan Hanya Mempunyai Pengetahuan Tentang Kebenaran”

Mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi tentang kebenaran tidaklah menjamin bahwa kebenaran telah menjadi realitas dalam kehi- dupan seseorang. Mempercayai dengan otak dan mempercayai dengan hati adalah ber- beda (Lihat Roma 10:10).”

©Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun ju- ga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. Hai manusia yang bebal, maukah engkau me- ngakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong ?ª (Yak 2:19,20)”

B.”APAKAH PERTOBATAN YANG BENAR ITU”

1.”Pertobatan Yang Benar Adalah Penye- salan Pada Allah Akan Dosa-dosa An- da”

Pertobatan yang benar adalah rasa penye- salan tidak hanya pada diri sendiri, atau pada orang lain, tetapi yang pertama dan yang pa- ling terutama adalah penyesalan yang sung- guh-sungguh pada Allah.”

©Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setiaMu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmatMu yang besar! Bersihkanlah aku selu- ruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku! Sebab aku sendiri sadar akan pe- langgaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku. Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Engkau anggap jahat …ª (Mzm 51 : 3-6). Lihat juga Mazmur 38:8.”

2. Jujur Tentang Dosa Anda”

©Dosaku kuberitahukan kepadaMu dan ke- salahanku tidaklah kusembunyikan; Aku ber- kata : ªAku akan mengaku kepada Tuhan pe- langgaran-pelanggaranku,” dan Engkau meng- ampuni kesalahan karena dosaku” (Mzm 32: 5). Lihat juga 1 Yohanes 1:9.”

3. Meninggalkan Dosa-dosa Anda.”

©Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakui- nya dan meninggalkannya akan disayangiª (Ams 28:13).”

4. Membenci Dosa”

©Engkau mencintai keadilan dan memben- ci kefasikan sebab itu …… Allahmu telah me- ngurapi engkau ….. ª (Ibr 1:9).”

©…. dan kamu akan merasa mual melihat dirimu sendiri karena segala kejahatan-keja- hatan yang kamu lakukan ….. ª (Yeh 20:43-44).”

5.”Apabila Mungkin, Bayarlah Pada O- Rang Lain Apa Yang Anda Berhutang”

©Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepa- da Tuhan : ‘Tuhan, setengah dari mulikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat’ª (Luk 19:8). Lihat juga Imamat 6:1-7.”

C.”PERTOBATAN ITU MENGENAI APA SAJA?”

1. Berbalik Dari Dosa”

©Janganlah kamu seperti nenek moyangmu yang kepadanya para nabi yang dahulu telah menyerukan, demikian : beginilah Firman Tuhan semesta alam : Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbutanmu yang jahat! Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan akuª (Za 1:4). Lihat juga Galatia 5:19-21 dan Efesus 5:5.”

2. Berbalik Dari Dunia”

©Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada dalam orang ituª (1 Yoh 2:15). Lihat juga Yakobus 4:4.”

3. BerbaLik Dari Dirimu Sendiri”

©Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup un- tuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk merekaª (2 Kor 5:15). Lihat juga Lukas 14:26.”

4. BerbalIk Dari Iblis”

©…. Untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa iblis kepada Allah ….ª (Kis 26:18). Lihat juga Kolose 1:13.”

5. Berbalik Pada Allah”

©Sebab itu katakanlah kepada mereka de- mikianlah Firman Tuhan semesta alam : ‘Kem- balilah kepadaKu’, demikianlah Firman Tuhan semesta alam ‘Maka AKU akan kembali kepa- damu’ Firman Tuhan semesta alamª (Za 1:3).”

6. Berbalik Pada Kehidupan Yang Benar”

©Dan janganlah kamu menyerahkan ang- gota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk di- pakai sebagai senjata kelaliman tetapi serah- kan dirimu kepada Allah sebagai orang-orang yang dahulu mati tapi sekarang hidup. Serah- kanlah anggota-anggota tubuhmu untuk men- jadi senjata-senjata kebenaranª (Rm 6:13).”

IKRAR SAYA”

Hari ini saya memutuskan untuk berto- bat dan akan selalu berbalik dari dosa apa- bila Allah menyatakan apa yang salah di da- lam saya.”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s